Menu

SPBU Kompak Membara

  Dibaca : 553 kali
SPBU Kompak Membara
SPBU TERBAKAR— Kondisi SPBU Kompak Pokai, Desa Muara Sikabaluan, Kecamatan Siberut Utara saat mengalami kebakaran yang mengakibatkan satu pekerja terluka.

MENTAWAI, METRO
SPBU Kompak Pokai, Desa Muara Sikabaluan, Kecamatan Siberut Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai, mengalami kebakaran hebat pada Rabu sore, (25/11) sekitar pukul 16.30 WIB. Kebakaran itu membuat masyarakat setempat panik melihat api yang langsung membesar.

Pekerja SPBU dibantu warga berusaha memadamkan api dengan menggunakan alat pemadam yang tersedia di SPBU. Namun nahas, saat satu orang pekerja mengalami luka bakar dan harus dilarikan ke Puskesmas Sikabaluan untuk mendapatkan perawatan.

Pemadaman sempat terkendala mengingat tangki-tangki penampungan yang ada di SPBU berisi puluhan ton BBM. Sehingga upaya pemadaman pun tak membuahkan hasil. Hingga malam, api pun padam dengan sendirinya setelah BBM yang ada di tangki penampungan habis.

Sementara kerugian materil akibat kejadian tersebut menghabiskan 53,5 ton BBM jenis Premium, menghanguskan satu unit truk tangki dengan nomor polisi (nopol) BA 9510 BD, satu unit mesin pompa minyak, tiga unit tangki penampung dan satu unit bangunan gudang SPBU.

Ketua KNPI Mentawai Ardiman Saurei yang berada di lokasi saat terjadinya kebakaran mengatakan,  terjadinya insiden kebakaran ini saat pelangsiran minyak dari kapal menuju ke lokasi SPBU menggunakan mobil L300. Terjadinya kebakaran itu saat pihak ABK kapal melakukan penggantian selang yang bocor, namun dalam pengisian ada minyak tertumpah sedikit dan kondisi mesin penyedot sedang hidup.

“Pada saat kondisi mesin penyedot hidup, api langsung menyambar tempat penampungan minyak dan tidak dapat terbendung sehingga api membubung tinggi di lokasi SPBU itu. Tangki penampungan posisinya tidak ditanam dalam tanah,” sebut Ardiman.

Kata Ardiman,  masyarakat sempat panik,  karena dikwatirkan akan menyambar pemukiman masyarakat disekitarnya, namun masyarakat mengambil langkah untuk melakukan penyiraman secara manual.

“Kebakaran ini api tidak merembes ke rumah pemukiman masyarakat di lingkungan SPBU, secara perlahan api dapat di padamkan. Insiden kebakaran juga ada salah satu ABK mangalami luka bakar dan sudah di bawa ke Puskesmas Sikabaluan,” ujarnya.

Sementra itu, Kapolres Kepulauan Mentawai, AKBP Mu’at mengatakan, peristiwa kebakaran itu menyebabkan satu orang petugas SPBU mengalami luka-luka. Saat ini, korban sudah menjalani perawatan. SPBU yang terbakar dikelola milik Ekindo Putra Andalas yang dikelola oleh Sudi Hulu (41).

“Bermula disaat seorang ABK KM Sumber Jaya 07 bernama Kaso (39) dan rekannya, Herman Syahputra memindahkan BBM Premium dari tangki galon plastik ke tangki penampungan yang berada di SPBU menggunakan mesin pompa jenis Robin,” kata AKBP Mu’at.

Setelah selesai memindahkan bensin, Kaso selanjutnya mematikan mesin pompa minyak dan mencabut selang minyak yang terhubung dengan mesin pompa minyak. Sisa-sisa bensin yang ada pada selang minyak mengenai mesin pompa minyak yang menyebabkan percikan hingga api membesar dan merambat pada selang pompa yang terhubung ke tangki penampungan.

Api langsung membesar dan membakar minyak yang berada dalam tangki penampungan dan menyebar pada tangki lainnya serta merambat pada bangunan dan fasilitas yang ada di sekitar SPBU tersebut. Akibat kejadian itu, Kaso mengalami mengalami luka bakar pada bagian lengan. Pria yang berdomisili di Kota Padang tersebut sedang menjalani perawatan di Puskesmas Muara Sikabaluan.

“Sementara kerugian materil ditaksir mencapai Rp 600 juta. Petugas dibantu warga telah melakukan pemadaman dengan menggunakan mesin pompa air guna mencegah agar api tidak merembet kepada bangunan lainnya,” tutupnya.

Pertamina Jamin Ketersediaan BBM
Sementara itu, Unit Manager Communication, Relation and CSR MOR I Taufikurachman menjelaskan, insiden tersebut langsung ditanggulangi oleh petugas yang berada di tempat dengan menggunakan alat pemadam yang tersedia.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan polsek setempat untuk mengamankan lokasi kejadian guna melakukan investigasi penyebab pasti insiden tersebut,” katanya, Kamis (26/11).

Akibat insiden ini, dikatakan Taufikurachman, dipastikan tidak ada menimbulkan korban jiwa, melainkan hanya kerugian materil. Gudang beserta tiga tangki premium hangus terbakar.

“Dengan kejadian itu. Pertamina tetap menjamin ketersediaan BBM untuk masyarakat di pulau Siberut Kabupaten Mentawai dan selama penutupan sementara SPBU, para konsumen dapat mengisi BBM di SPBU terdekat,” katanya. (s/rgr)

Editor:
Tags
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional