Menu

Sosialisasikan TNBP-AC, Bupati Hendrajoni Serukan “Ayo Pakai Masker”

  Dibaca : 474 kali
Sosialisasikan TNBP-AC, Bupati Hendrajoni Serukan “Ayo Pakai Masker”
BAGI-BAGI MASKER— Bupati Pesisir Selatan Hendra Joni bersama Forkopimda bagikan masker kepada pengunjung pasar yang tidak pakai masker.

PESISIR SELATAN
Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni bersama anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menyosialisasikan pelaksanaan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 (TNBP-AC) kepada masyarakat yang berada di Pasar Painan, Kamis (11/6).

“Diterapkan tatanan baru atau New Normal oleh Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan bertujuan untuk membangkitkan gairah kegiatan ekonomi masyarakat pada masa pandemi Covid -19,” ungkap Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni saat melakukan kunjungan lapangan ke Pasar Painan.

Kunjungan itu juga diikuti Ketua DPRD Pessel Ermizen, Kapolres Pesisir Selatan AKBP Cepi Noval, Dandim 0311 Pessel Letkol Kav Edwin Dwiguspana, Kajari Painan Donna Rumiris Sitorus, beserta Kepala Organisasi Perangkat Daerah ( OPD).

Sambil berkeliling pasar, Bupati Hendrajoni juga terus menyerukan kepada masyarakat kalau saat ini Pemerintah Daerah Pesisir Selatan telah menerapkan New Normal. Sekaligus menyosialiasikan pada masyarakat agar selama pelaksanaan New Norma agar tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Pada kesempatan itu Bupati menegaskan kunci utama untuk selamat dari penularan Covid-19 adalah masyarakat harus disiplin memakai masker, selalu menjaga jarak dan rajin mencuci tangan. Usai memberikan arahan kepada sejumlah pengunjung yang berkumpul di gerbang masuk pasar, Bupati bersama Forkopimda menyisiri pasar sambil membagikan masker kepada pengunjung pasar. Bahkan Bupati juga sempat memasangkan masker kepada pengunjung.

“Ayo pakai masker. Mulai hari ini biasakan selalu memakai masker,” pesan Hendrajoni usai memasangkan masker pada salah seorang pengunjung di Pasar Painan.

Selain itu, Bupati Hendrajoni, juga menyempatkan berdialog dengan pedagang berkaitan kondisi ekonomi selama masa pandemi Covid-19. Bupati mengharapkan pedagang tetap disiplin dengan protokol Covid-19 sehingga Pasar Painan aman dari penularan virus Covid-19. Mudah-mudahan Covid-19 cepat berlalu dan ekonomi segera pulih kembali.

“Dukungan pemerintah di era New Normal bisa mengairahkan ekonomi masyarakat, juga pelaku UMKM, Pariwisata dan sektor lainya. New Normal semua aktifitas akan dilonggarkan dan akan tetap beraktivitas seperti biasa. Hanya hal utama perlu di perhatikan dan dipatuhi adalah disiplin diri, seperti memakai masker, cuci tangan dan jaga jarak,” ungkap Hendrajoni.

Dijelaskan Hendrajoni, selama pandemi Covid-19 melanda, UMKM yang selama ini sangat tergangu karena adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Untuk itulah, opsi New Normal diambil agar seluruh UMKM tetap bisa eksis di tengah pandemi Covid-19 tetapi tetap memperhatikan imbuan physical distancing serta menerapkan protokol kesehatan. Dalam, melaksanakan New Normal di wilayahnya, bersama Kepolisian, TNI dan pemerintah daerah Kabupaten Pesisir Selatan akan mengawasi pelaksanaan New Normal.

“Kita harus beradaptasi terhadap realita baru, normal baru, untuk itu saya berpesan pada masyarakat agar disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Alat cuci tangan juga telah disiapkan dalam mendukung New Normal di Kabupaten Pesisir Selatan,” ujar Hendrajoni.

Sementara itu, Ketua DPRD Pessel Ermizen, mengajak semua elemen masyarakat harus ikut mendukung penuh pelaksanaan New Normal.”Protokol kesehatan harus sama – sama kita patuhi. Agar apa menjadi tujuan bersama di era tatanan baru atau New Normal berjalan optimal,” kata Ermizen.

Kapolres Pesisir Selatan AKBP Cepi Noval menegaskan, bahwa pihak Kepolisian bersama Kodim 0311 Pesisir Selatan, serta istansi terkait siap melaksanakan pengawalan serta pengawasan pelaksanaan New Normal di wilayahnya.

“Seluruh elemen masyarakat harus bisa mendisiplinkan diri mematuhi Protokol Kesehatan, seperti memakai masker, cuci tangan dan jaga jarak. Tanpa ada pengawasan pun harusnya sudah menerapkan itu dalam kesehariannya agar terhindar dari Covid-19,” tegas Cepi Noval.

Hal yang sama diungkap Dandim 0311 Pesisir Selatan Letkol Kav Edwin Dwiguspana. Pihaknya sangat mendukung pelaksanaan new normal di Kabupaten Pesisir Selatan, untuk menerapakan New Normal bisa berjalan optimal, nantinya akan menempatkan anggota di pasar dan objek wisata. “Yang paling penting, mari kita ukuti protokol kesehatan,” ujar Dandim 0311 Pessel.

Untuk mendukung terlaksananya penerapan protokol pencegahan Covid-19, Sekretaris Gugus Tugas Pessel, Dailipal mengatakan, dinas yang terkait sudah memasang imbauan berupa baliho dan menyiapkan fasilitas cuci tangan pada pintu maauk dan ke luar pengunjung pasar.

“Dalam kegiatan sosialisasi di Pasar Painan, bupati bersama Forkopimda telah membagikan sebanyak 1000 masker. Sosialisasi yang sama akan dilanjutkan pada kecamatan lain,” pungkasnya. (rio)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional