Menu

Sosialisasikan Revitalisasi Danau Maninjau, Gubernur Datangi Warga Nagari Tanjung Sani

  Dibaca : 40 kali
Sosialisasikan Revitalisasi Danau Maninjau, Gubernur Datangi Warga Nagari Tanjung Sani
KUNJUNGI WARGA SEKITAR DANAU— Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah berkunjung dan ramah tamah dengan warga di sekitaran Danau Maninjau di Jorong Sungai Tapang, Nagari Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, kemarin.

AGAM, METRO–Kegiatan Ikan Karam­ba Jaring Apung (KJA) di Danau Maninjau Kabu­paten Agam, telah menjadi produktivitas kehidupan masyarakat di sekitarnya.

Dahulunya daerah ini terkenal sebagai daerah tertinggal sesuai Inpres Daerah Tertinggal (IDT). Karena itu dalam me­nyi­kapi persoalan pence­ma­ran dan revitalisasi di Da­nau Manin­jau perlu men­jadi semangat bersama antara pemerintah dan masyarakat.

Hal ini disampaikan Gu­bernur Sumbar, Ma­hyeldi Ansharullah di sela-sela kunjungan dan ramah ta­mah dengan masyarakat Danau Maninjau di Jorong Sungai Tapang Nagari Tan­jung Sani Kecamatan Tan­jung Raya Kabupaten A­gam, kemarin.

Mahyeldi juga me­nyam­paikan, dari hasil dialog masyarakat Tapang ter­nyata sangat peduli de­ngan kondisi Danau Manin­jau yang terjadi saat ini. Ini juga menjadi perhatian bersama, pemerintah pu­sat, Pemprov Sumbar, Pem­­kab Agam dan masyara­kat Salingka Danau Maninjau.

“Dilakukan revitalisasi Danau Maninjau mesti di­barengi solusi bagaimana upaya bersama kembali mampu menjadikan Da­nau Maninjau asri tidak terjadi lagi pencemaran seperti selama ini. Kita butuh du­duk bersama untuk melak­sanakan semua ini dengan baik,” ungkap Mahyeldi.

Mahyeldi juga me­nyam­paikan, saat ini Pemkab Agam bersama-sama ma­sya­rakat akan melakukan pembersihan sampah lim­bah rumah tangga. Di ma­na pemkab Agam akan menyiapkan tempat-tem­pat sampah.

“Tentunya juga ada ge­rakkan serentak dari tokoh masyarakat, ninik mamak, alim ulama, bundo kanduang dan pemuda sa­lingka Danau Maninjau mulai menata pengelolaan sampah ke­luar­ga tidak lagi mencemari danau,” him­baunya.

Mahyeldi juga merasa senang ikut bersama me­lak­sanakan aktivitas bersa­ma masyarakat petani dan nelayan Danau Maninjau Sungai Tapang dengan produk UMKM-nya.

“Dengan menjaga dan mengembalikan keasrian Danau Maninjau jauh dari pencemaran tentunya ak­tivitas positif yang mense­jahterakan masyarakat ini dapat berlangsung terus. Jika semua kita menjaga keseimbangan alam se­cara baik, tentu semua ini akan membawa keberka­han,” ujarnya.(fan)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional