Close

Sosialisasi Pokdar Kamtibmas Kabupaten Sijunjung

Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir mengapresiasi kehadiran kelompok sadar keamanan dan ketertiban masyarakat (Pokdar Kamtibmas) Kabupaten Sijunjung yang telah terbentuk, terutama dalam mengedukasi dalam menjaga Kamtibmas di tengah masyarakat.

SIJUNJUNG, METRO–Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir mengapresiasi kehadiran kelompok sadar keamanan dan ketertiban masyarakat (Pokdar Kamtibmas) Kabupaten Sijunjung yang telah terbentuk, terutama dalam mengedukasi dalam menjaga Kamtibmas di tengah masyarakat.

Benny Dwifa berharap, Pokdar Kamtibmas yang berada di bawah naungan Polres Sijunjung itu mampu bekerjasama dengan semua pihak dalam menjaga Kamtibmas di Kabupaten Sijunjung dengan mengedepankan sikap persuasif, sesuai dengan slogan “elok-elok sajo”.

Hal itu disampaikan Bupati Sijunjung saat membuka kegiatan sosialisasi Pokdar Kamtibmas bersama pemerintah daerah dan Forkopimda Sijunjung, jajaran OPD, Camat dan pihak terkait lainnya, pada Senin (25/7) di Gedung Pancasila Muaro Sijunjung.

“Upaya pencegahan dan langkah-langkah persuasif perlu dikedepankan dalam menjaga Kamtibmas di tengah masyarakat. Sehingga tidak semua persoalan yang ada berujung di pengadilan, apalagi sekarang kita juga sudah menerapkan restorasi justice, masyarakat perlu diberi pemahaman tentang ini,” tutur Benny.

Dikatakan, menjaga Kamtibmas yang kondusif merupakan hal yang prioritas dan tugas semua pihak. “Semua kita berperan untuk saling menjaga kondusifitas, apalagi dengan adanya Pokdar Kamtibmas ini di tengah masyarakat, selain dari tugas dan fungsi penegak hukum,” terangnya.

Keberadaan Pokdar Kamtibmas itu tak diragukan lagi, karena Pokdar merupakan organisasi binaan Polri. “Kewenangannya tentu tak sama dengan Polisi, namun keberadaan Pokdar ditengah masyarakat untuk membantu kinerja polisi,” ucap Bupati Sijunjung.

Ketua Pokdar Kamtibmas Kabupaten Sijunjung April Marsal menjelaskan bahwa, Pokdar Kamtibmas tingkat kabupaten/kota dilantik langsung oleh Kapolda Sumbar. Selanjutnya pembentukan Pokdar tingkat kecamatan dan nagari akan segera dilakukan.

“Kepengurusan tingkat kabupaten telah dilantik oleh Kapolda Sumbar pada tahun 2020 kemarin. Selanjutnya kita perlu membentuk Pokdar tingkat kecamatan dan nagari, insyaAllah dalam waktu dekat akan kita gelar,” ujarnya.

Selaku ketua, April Marsal mengimbau agar seluruh jajaran anggota Pokdar Kamtibmas mampu bekerjasama dalam hal menjaga Kamtibmas, tetap mengacu pada tugas dan wewenang yang telah diatur dalam AD/ART organisasi.

“Peran kita untuk menjaga Kamtibmas di tengah masyarakat, namun harus tetap mengacu pada aturan yang ada, tetap berkordinasi dengan Polri dan pengurus Pokdar kabupaten. Membantu menyelesaikan persoalan dengan cara elok-elok sajo,” imbau April Marsal yang juga anggota DPRD Sijunjung itu.

Pihaknya juga meminta peran aktif seluruh anggota Pokdar Kamtibmas yang telah dikukuhkan dalam menjalankan Tupoksi di tengah masyarakat. “Kita akan kirimkan surat untuk seluruh nagari dan kecamatan terkait keberadaan Pokdar ini, sehingga nantinya bisa aktif di wilayah masing-masing,” tambahnya. (ndo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top