Menu

Sosialisasi Peningkatan Pembangunan Perekonomian Masyarakat, Ketua Yayasan BUMN Indonesia Kunjungi Mentawai

  Dibaca : 308 kali
Sosialisasi Peningkatan Pembangunan Perekonomian Masyarakat, Ketua Yayasan BUMN Indonesia Kunjungi Mentawai
Yudas Sabaggalet dan ketua yayasan memberikan hadiah kepada peserta sepeda santai.

Ketua Yayasan BUMN Indonesia Harjawan Balaningrath berserta rombongan, Jumat (14/8) mengunjungi Kabupaten Kepulauan Mentawai, dalam rangka sosialisasi peningkatan pembangunan perekomonian masyarakat Mentawai. Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet, Jumat malam (14/8) ramah tamah dengan Ketua Yayasan BUMN Harjawan Balaningrath bersama rombongan yang datang dari Jakarta dan melakukan kegiatan sepeda santai pada hari Sabtu lalu.

Ketua BUMN Arjawan, terkesan atas penyambutan itu, sehingga selain mengucapkan terima kasih atas sambutan yang sangat meriah. Ia juga menyebut, Mentawai, memiliki potensi yang sangat tinggi. “Karena itu Mentawai  juga menjadi perhatian pemerintah pusat dan diharapkan dapat membantu saudara-saudara kita di daerah terpencil dan terluar, seperti Mentawai,” kata Arjawan.

Yayasan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk Indonesia kini hadir di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Kehadiran tim diharap mampu memberikan perhatian di berbagai sisi antara lain sisi sosial, kemanusian dan keagamaan.  “Kami melangkah dengan visi dan misi untuk daerah 3T yakni terdepan, terluar dan terkecil,” ungkap Ketua Yayasan BUMN, Harjuwan Balaningrath kepada wartawan. Sabtu (15/8).

Dua tahun keberadaannya, kini telah menelusuri di berbagai daerah 3T di Indonesia. Salah satunya di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Pada masa pandemi coronavirus disease 2019 atau Covid-19 ini memberikan aksi nyata bagi tim untuk bergerak di Mentawai.

Melalui koordinasi Yayasan BUMN sebelumnya dengan Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet pihaknya membawa bantuan bagi Pelaku Usaha Mikro Menengah Kecil (UMKM). Adapun bantuan untuk pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19 itu antara lain dua set masing-masing pengolahan minyak kelapa, pengolahan pangan komoditas lokal seperti pisang dan keladi.

Bantuan itu diberikan kepada pelaku UMKM melalui diskusi pihak Pemkab Mentawai selanjutnya. “Zaman sekarang sudah serba digital maka kami telah mempersiapka sisitem modering,” terangnya.

Dijelaskannya, selain itu pihaknya juga membantu pemasaran atau melakukan pemesanan produk itu melalui nomor telepon pelaku UMKM. Sehingga produk mengalir dari hulu ke hilir.Banyaknya kelapa di Mentawai dan komunitas pangan lain dapat menciptakan Virgin Coconut Oil (VCO) nantinya menjadi minyak untuk menggoreng kripik pisang dan keladi yang dikemas untuk dipasarkan.

“Kita menyerahkan kelambu sebagai oleh-oleh dari Jakarta”, tutur Arjawan. Ajarwan juga menyebut, kedepan Yayasan BUMN untuk Indonesia, juga akan memberikan bantuan mesin untuk memproses kelapa, produksi hulu ke hilir. Tentu saja ini, harus ada seorang penjaga dalam pengoperasiannya, Hajarwan Balaningrath.

Dikatakannya penguatan ekonomi sudah saatnya dilakukan untuk pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19 ini. Apalagi pertumbuhan ekonomi sangat mempengaruhi perkembangan pariwisata di suatu wilayah. Maka melalui itu pihaknya mengambil langkah bersama dalam mengembangkan produk lokal Mentawai seperti kelapa, Pisang dan Keladi dengan konsep modern.

Pada kunjungan itu, katua Yayasan BUMN untuk Indonesia Arjawan selain memperkenalkan program, juga menyerahkan bantuan dua ribu unit kelambu untuk disumbangkan kepada masyarakat guna melindungi dari gigitan nyamuk.

Mengakhiri pertemuan, rombongan Yayasan BUMN Indonesia malam itu dijamu makan malam bersama Bupati Mentawai dan jajaran, gelar konprensi pers terkait kunjungannya di Mentawai.

Arjawan menjelaskan, kehadirannya di Mentawai, adalah untuk membantu masyarakat melalui kelompok UMKM, memberikan dua unit mesin pemarut kelapa hingga menjadi minyak goreng, dan mesin tersebut adalah untuk memproses minyak kelapa, sehingga penghasilan masyarakat bertambah. (s)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional