Close

Sosialisasi Peluang Kerja Luar Negeri dan Perlindungan Menyeluruh Kepada PMI, Wabup Richi: Ini Bentuk Penyediaan Informasi Peluang Kerja di Luar Negeri

SOSIALISASI— Wabup Richi Apriana duduk berdampingan dengan anggota DPR Syuir Syam saat Sosialisasi Peluang Kerja Luar Negeri dan Perlindungan Menyeluruh Kepada Pekerja Migran Indonesia (PMI).

TANAHDATAR, METRO–Wakil Bupati (Wabup) Tanah Datar Richi Aprian buka Sosialisasi Peluang Kerja Luar Negeri dan Perlindungan Menyeluruh Kepada Pekerja Migran Indonesia (PMI) Sebagai Very Very Important Person (VVIP), di aula SMAN 1 Padang Ganting, Kamis (27/10).  Sosialisasi tersebut, digagas oleh Anggota Komisi IX DPR RI, H. Suir Syam dan bekerjasama dengan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) serta Balai Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Sumatera Barat.

“Seringkali pencaker kita ini terkendala bahasa untuk bekerja ke luar ne­geri. Untuk itu kita akan siapkan BLK, sehingga tenaga kerja yang memiliki kemampuan lebih bisa me­manfaatkan fasilitas di BLK tersebut,” ungkap Richi.

Sementara itu, Direktur Sistem Strategi Penempatan dan Perlindungan Kawasan Asia Afrika BP2MI, Lismia Elita merasa bangga, karena provinsi Suma­tera Barat menjadi salah satu provinsi yang tidak mengirimkan warganya menjadi PMI informal yang bekerja sebagai Pekerja Rumah Tangga (PRT) ke luar negeri.

“Hal ini sejalan dengan salah satu dari 9 Program Prioritas BP2MI, untuk men­dorong penempatan PMI terampil dan profesional, yang tentunya memiliki skill,” ujar Lismia.

Terkait peluang kerja ke luar negeri, Kepala BP3MI Sumatera Barat, Bayu A­ryadhi, mengingatkan para peserta sosialisasi untuk berhati-hati terhadap ok­num-oknum yang ser­ing­kali mengiming-imingi warga untuk bekerja ke luar negeri dengan cara yang cepat.

Dikesempatan yang sa­ma, Anggota Komisi IX DPR RI, H. Suir Syam, menjelaskan salah satu manfaat bekerja ke luar negeri adalah bisa belajar dan mencontoh bagaimana ca­ra orang luar negeri itu be­kerja.

“Seperti di Jepang dan Korea, ritme kerja mereka itu cepat dan benar-benar serius saat bekerja. Jadi kita harapkan, tenaga kerja kita yang bekerja di luar negeri, selain membawa gaji yang besar, juga bisa menerapkan ilmu dan pe­ngalamannya sehingga dapat memajukan kampung halamannya,” ujar Suir Syam.

Hadir pada saat itu, Ketua DPRD Tanah Datar Rony Mulyadi Dt. Bungsu, Kepala Dinas PMPTSP Naker Zaratul Khairi, Camat Pa­dang Ganting Ronal Satria, Wali Nagari, Tokoh Masya­rakat dan tamu undangan lainnya. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top