Menu

Sopir Hoyak Maling 12 Motor

  Dibaca : 1167 kali
Sopir Hoyak Maling 12 Motor
LPM beserta pemerintahan kelurahan rawang mengadakan syukuran bersama suksesnya acara manunggal BBGRM tahun 2021 dengan makan bajambah bersama.
pencuri motor - posmetroweb

ilustrasi

PADANG, METRO–Dengan modus meminjam sepeda motor milik teman kemudian menjualnya dengan sangat murah membuat Dedi Marwansyah alias Dika alias Charles (29) asal Pematang Siantar, Sumatera Utara ini harus mendekam di jeruji besi. Dari penyelidikan polisi, Charles yang tinggal di kawasan Lolong, Kecamatan Padang Barat ini sudah beraksi di 14 TKP yang tersebar di Padang dan Pesisir Selatan.

Informasi yang dihimpun POSMETRO, penangkapan terhadap Charles dilakukan petugas pada Minggu (18/10) malam saat menginap di Wisma Bhakti, Jalan Bandar Purus. Pelaku diciduk berdasarkan laporan dari salah seorang korban pada 21 September lalu. Saat beraksi, pelaku meminjam sepeda motor tersebut dan kemudian membawanya kabur.

”Iya pak. Saya ambil motor teman-teman yang saya kenal saja pak. Saya pinjam, kemudian saya bawa kabur. Setelah itu saya jual murah di Pesisir Selatan,” ucap pelaku saat ditemui di Polsekta Padang Barat, kemarin.

Menurutnya, sekali mencuri kadang dia mendapatkan uang Rp600 ribu hingga Rp1,5 juta dan digunakan untuk menafkahi istri dan satu anaknya yang berumur tiga tahun. Terkadang, sisa uangnya digunakan untuk menginap di hotel dan modal menggasak sepeda motor lainnya. Tidak itu saja, pelaku ini juga mengaku melakukan aksi pencurian sepeda motor itu sendirian.

“Saya tidak tahu lagi caranya pak. Pendapatan saya bekerja serabutan dan jadi sopir hoyak tidak mencukupi kebutuhan. Saya terpaksa melakukannya pak,” papar pria ceking ini.
Sementara, Kapolresta Padang, Kombes Pol Wisnu Andayana melalui Kapolsekta Padang Barat, Kompol Sumintak membenarkan tentang penangkapan tersebut. Menurutnya, penangkapan pelaku ini berhasil setelah tim mendapatkan secara pasti ciri-ciri dari pelaku. Tanpa pikir panjang, petugas langsung mendatangi korban yang saat itu menginap di Wisma Bhakti guna menjalankan aksinya.

”Keberadaannya terdeteksi dan kita langsung bergerak kesana. Benar saja, dia kami tangkap saat sedang asyik duduk di dalam kamar hotel,” jelas Sumintak.
Selain itu, dalam pemeriksaan petugas diketahui kalau Charles ini adalah pemain solo dan tidak terlibat dengan jaringan lain. Data yang didapat, setidaknya pelaku ini sudah beraksi di 14 TKP yang ada di Sumbar, 12 di Kota Padang dan dua di Pessel. Saat ini petugas sudah mengamankan delapan unit sepeda motor dari pelaku yakni, empat unit dari Linggosari Baganti, Pessel dan tiga unit dari Pancung Soal.

”Di Padang, kami juga sudah mengamankan satu sepeda motor yakni dari hasil pencurian yang dilakukannya terhadap garin mesjid di Belanti,” papar Sumintak.

Ditambahkannya, dari semua hasil penggelapan dan pencurian yang dilakukan oleh pelaku ini bisa ditotal ada 12 kendaraan, masih ada empat unit kendaraan lagi yang akan dijemput oleh petugas dari berbagai Polsek di Kota Padang. “Kita masih mengumpulkan TKP dan BB milik pelaku ini,” ucap Sumintak.

Sedangkan, untuk modus sendiri, pelaku ini sengaja mencari orang yang kenal dengannya untuk memuluskan aksi. Setelah mendapatkan motor, pelaku pun pergi ke Pessel untuk menjualnya. “Disini, dia pura-pura butuh uang, kemudian meninggalkan motor sebagai jaminan,” kata Kapolsek.

Akibat perbuatannya, pelaku ini akan diancam dengan Pasal 372 KUHPidana tentang penggelapan dengan ancaman hukuman lima tahun. (age)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional