Menu

Sonsong MTQ Ke-39 Tingkat Provinsi, Kanwil Siapkan Pedoman dan Tatib

  Dibaca : 85 kali
Sonsong MTQ Ke-39 Tingkat Provinsi, Kanwil Siapkan Pedoman dan Tatib
Rapat Persiapan Pembahasan Pedoman dan Tata Tertib Lomba bersama sembilan belas Praktisi MTQ dan beberapa orang pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Sumbar di Aula Amal Bhakti I Kanwil, Selasa (20/4).

PADANG, HUMAS
Ajang Tahunan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) baik Tingkat Provinsi maupun Nasional merupakan wahana membumikan Alquran ditengah-tengah umat. Kesuksesan pelaksanaan dan prestasi yang diraih Sumatra Barat pada MTQ Nasional ke-28 lalu, menjadi tolok ukur dalam pengelolaan dan persiapan MTQ Tingkat Provinsi Sumbar yang akan digelar pada November mendatang di Kota Padang Panjang.

Hal itulah yang mendasari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatra Barat mengadakan Rapat Persiapan Pembahasan Pedoman dan Tata Tertib Lomba bersama sembilan belas Praktisi MTQ dan beberapa orang pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Sumbar di Aula Amal Bhakti I Kanwil, Selasa (20/4).

Dalam arahannya saat membuka rapat secara resmi, Kakanwil Kemenag Sumbar, H. Hendri sampaikan terimakasihnya kepada para tokoh dan pakar Alquran yang telah bersedia hadir dan terlibat dalam pelaksanaan MTQ selama ini termasuk tingkat Nasional yang menorehkan sejarah baru bagi Sumbar.

“Tidak bosan-bosannya saya ucapkan terimakasih atas dukungan, bantuan, pertolongan dan kerjakeras serta kerjasama yang solid bapak ibuk sehingga sukses pelaksanaan dan sukses prestasi pada ajang Nasional kemarin ini,” tutur Hendri.

Disampaikan Hendri lagi, hasil gemilang yang diperoleh Sumbar waktu itu tidak terlepas dari persiapan dan pelaksanaan yang matang dari berbagai pihak terkait termasuk persiapan teknis.

“Usaha tidak akan menghianati hasil itu memang terlihat dari rangkaian TC yang dilaksanakan bapak/ibuk sebagai pelatih saat itu sehingga mendapat ganjaran yang luar biasa mengharukan. Juara Umum,” ulasnya haru.

“Berkaca dari helatan tersebut, kita mengundang bapak ibuk untuk membahas teknis lomba seperti pedoman dan tata tertib yang detail dan jelas sehingga memberikan kemudahan kepada official dan kafilah,” tambahnya.

Hendri berharap dengan adanya panduan dan rujukan yang jelas akan menambah kelancaran dan kekhidmatan jalannya perlombaan demi melahirkan bibit-bibit unggul lainnya untuk bisa mempertahankan Juara Umum yang telah diraih Sumbar pada MTQ Nasional ke-29 di Kalimantan pada 2022 mendatang.

Pada kesempatan tersebut, Kakanwil juga berharap Cabang Lomba Bintang Qasidah tetap diperlombakan lagi mengingat banyaknya kader-kader bintang qasidah di Sumbar sekaligus memotivasi dan membangkitkan seni budaya islami ditengah-tengah generasi muda Sumbar.

Alumni Canduang itu juga mengingatkan peserta rapat untuk membahas tuntas pedoman cabang lomba baru yang hadir tahun ini di ajang MTQ yaitu Cabang Hafalan Hadits 500 tanpa Sanad dan Hafalan Hadits 100 dengan Sanad.

“Semoga pelaksanaan MTQ di Padang Panjang mendatang akan lebih meriah dan terasa girahnya ditengah-tengah masyarakat walaupun masih dalam suasana pandemi. Semoga pandemi inipun segera hilang,” tukasnya.

Turut mendampingi Kakanwil, Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU) yang juga menjabat sebagai Pelaksana tugas Kepala Bidang Penerangan Agama Islam Zakat Wakaf (Penaiszawa), H. Irwan dan Kepala Seksi MTQ, H. Yusran Lubis serta seluruh Kasi dan staf terkait di Bidang Penaiszawa. (rel)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional