Menu

Songsong HPN 2021, Pasia Laweh Gelar Jambore Jurnalistik

  Dibaca : 254 kali
Songsong HPN 2021, Pasia Laweh Gelar Jambore Jurnalistik
RAPAT— Wali Nagari Pasia Laweh memimpin rapat persiapan Jambore Jurnalistik.

AGAM, METRO
Nagari Pasia Laweh, Kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam, gelar Jambore Jurnalistik dalam rangka menyonsong Hari Pers Nasional (HPN) 2021. Tema yang diangkat pada kegiatan pertama di Agam ini adalah “Bersama Media Nagari Maju”.

Wali Nagari Pasia Laweh, Zul Arfin, menyebutkan, kegiatan itu direncanakan bakal digelar 23 dan 24 Januari 2021, yang bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Agam. “Kita targetkan kegiatan ini diikuti sekitar 70 orang wartawan dan 50 media baik online, cetak maupun elektronik. Termasuk wartawan pemula yang memiliki bakat jurnalistik dari Kecamatan Palupuah,” sebutnya. Hingga malam tadi, katanya, media yang sudah mendaftar 26 media dan 32 orang wartawan. Ini tidak hanya dari Agam, tapi juga berasal dari daerah lain seperti Payakumbuh dan Bukittinggi. “Pendaftaran sudah dimulai sejak kemaren, yang akan berlangsung hingga besok,” katanya.

Ia menjelaskan, jambore ini diisi dengan beragam kegiatan seperti pelatihan dasar jurnalistik, bakti sosial, pentas seni, api unggun, festival kuliner berbahan pisang, dan jelajah sungai berupa mandehe situkah. Selanjutnya mancing ikan baung di malam hari, manangguak udang, menembak ikan garing, tubbing, mandi air panas, peninjauan area penangkaran burung lubuak batu gajah. “Kita juga laksanakan kegiatan olahraga berupa pertandingan persahabatan catur, voli dan bulu tangkis,” terangnya.

Kemudian kegiatan lainnya yaitu safari wisata di kawasan agro petik buah jeruk ladang ateh, tinjau lokasi wisata di nagari-nagari, ceramah agama, shalat subuh berjamaah, serta dialog media dan makan beralas daun pisang.

“Bagi yang ingin mengikuti Jambore Jurnalistik ini, agar mendaftarkan dirinya di Kantor Nagari Pasia Laweh dan PWI Agam di Lubuk Basung,” ulasnya. PWI Kabupaten Agam mendukung secara penuh pelaksanaan Jambore Jurnalistik yang diinisiasi Pemerintah Nagari Pasia Laweh, karena katanya kegiatan itu bagian dari program PWI.

“Jambore Jurnalistik adalah bagian dari program PWI dalam mendukung pembanguan, khususnya di nagari,” ujar Ketua PWI Agam, Mursyidi. Dikatakan, nanti akan ada semacam pelatihan bagi jurnalistik pemula, kemudian dari beragam kegiatan yang dilaksanakan akan dijadikan bahan berita yang bakal dimuat di Website Nagari Pasia Laweh. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional