Menu

Solsel bakal Menjadi Kabupaten Percontohan “Nagari Tageh”

  Dibaca : 143 kali
Solsel bakal Menjadi Kabupaten Percontohan “Nagari Tageh”
Jasman Rizal

SOLSEL, METRO
Kabupaten Solok Selatan (Solsel) direncanakan akan dijadikan sebagai kabupaten percontohan untuk penerapan nagari “tageh” di Sumatera Barat. Ada 7 nagari di 7 kecamatan ditunjuk untuk menjadi nagari tageh. “Iya benar, saya barusan ketemu dengan pak Gubernur Irwan Prayitno, bahwa beberapa nagari “Tageh” di Solsel akan dijadikan percontohan di Sumbar. Dan beliau akan meninjau pada 17 November bersama Forkopimda Provinsi Sumbar. Sekaligus pada saat itu juga pencanangan HKG PKK, KB-Kesehatan,” ujar Pjs Bupati Solsel Jasman Rizal, Kamis (5/11).

Dia mengatakan, bahwa Gubernur mengapresiasi atas inisiasi Nagari “Tageh” yang digagas oleh Dr. Andani dan kawan kawannya dan menjadikan Kabupaten Solsel sebagai salah satu kabupaten percontohan nantinya. “Pak gubernur mengapresiasi adanya nagari tageh di Solsel yang digagas oleh Dr Andani dan kawan kawan. Dimana ini akan menjadi percontohan di Sumatera Barat,” ungkap Jasman.

Nagari tageh adalah nama lain dari kampung tangguh yang merupakan program Presiden Joko Widodo dan Kapolri. Nagari tageh melibatkan TNI, Polri, Forkopimda, pemda, perantau, pihak swasta, BUMN, tokoh agama, tokoh masyarakat, pemuda dalam pelaksanaannya.

Dengan adanya nagari tageh maka diharapkan nagari tersebut bisa melindungi wilayahnya dari penyebaran Covid-19 mengamankan wilayahnya dari gangguan keamanan, kuat ekonominya dan kuat ketahanan pangannya.

Camat Sangir Balai Janggo, Muslim mengatakan, bahwa masyarakat di daerahnya sangat mendukung program nagari tageh Covid-19 di mana untuk di kecamatannya ada nagari Sungai Kunyit untuk menjadi nagari tageh Bukti dukungan masyarakat tersebut ungkap Muslim, berupa nilai sosial yang tinggi ditengah masyarakat. Bantuan warga pun mulai mengalir secara sukarela untuk membantu warga yang dikarantina. Bantuan yang diantarkan warga berupa sembako untuk kebutuhan selama penyembuhan di rumah tageh Covid-19. “Alhamdulillah solidaritas sosial di Sungai Kunyit cukup tinggi dan sangat menghargai pasien covid-19. Dan ini modal utama dalam pengaplikasian nagari Tageh,” kata Muslim.

Sementara itu, Walinagari Sako Pasia Talang Kecamatan Sungai Pagu, Hendri menyebutkan, untuk kecamatan Sungai Pagu, nagarinya merupakan daerah yang terpilih menjadi nagari tageh.  Hingga saat ini, berbagai persiapan telah dilakukan untuk persiapan menjadi nagari tageh, diantaranya adanya rumah  isolasi, persiapan sarana pencuci tangan, warga harus pakai masker dan memberikan sosialisasi ke tengah masyarakat.

“Secara keseluruhan, persiapan nagari kami untuk menjadi nagari tageh sudah mencapai 80 persen. Sisanya tinggal pemantapan dilapangan. Semoga dengan menjadi nagari tageh, nagari kami bisa disinggahi oleh gubernur saat berkunjung ke Solsel pada Pertengahan November ini,” kata Hendri. (afr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional