Close

Solok Menuju Smart City, Penggunaan Platform Google, PemkoTeken MoU dengan PT Google Indonesia

TEKEN MOU— Wali Kota Zul Elfian menandatangani MoU dengan penggunaan Platform Google di Kota Solok dengan Google Indonesia dan PT. Duta Digital Indonesia sebagai Partner Resmi Google For Education.

SOLOK, METRO–Pemerintah Kota Solok melakukan Penandatanganan MoU Penggunaan Platform Google di Kota Solok dengan Google Indonesia dan PT. Duta Digital Indonesia sebagai Partner Resmi Google For Education. Terkait rencana kerja sama itu, Wali Kota Solok Zul Elfian me­ngatakan Kota Solok memang sedang dalam proses berupaya menjadi Smart City. Dan itu sangat membutuhkan kolaborasi dengan banyak pihak.

“Keterkaitannya dengan pendidikan, Kota Solok juga merupakan daerah tujuan pendidikan bagi daerah sekitarnya sehingga perlu meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan di Kota Solok,” ujarnya.

Menurutnya Google akan membantu membawa pendidikan Kota Solok berkelas dunia nantinya, sekaligus berkomitmen bahwa pemerintah daerah akan mendukung penyelenggaraan ini secara penuh.

Disampaikan Zul Elfian pihak Google yang dalam hal ini diwakili oleh Strategic Partner Manager Ganis Samudra, ST, berharap penggunaan Platform Google dalam penyelenggaraan pemerintahan dapat membantu mewujudkan Solok sebagai salah satu Kota Pintar di Indonesia. Dan Google Platform for Education dapat digunakan untuk seluruh sekolah dan siswa di Indonesia.

Khususnya di Kota Solok pihak Google juga berharap mudah-mudahan pe­nandatanganan MoU ini membawa perubahan budaya baru dalam proses belajar dan mengajar siswa di Kota Solok yang berstandar kelas dunia.

Sementara Ganis menerangkan, bahwa Google Platform For Education menerapkan model pembelajaran yang baru melalui Problem Based Learning yang memperkenalkan terlebih dahulu permasalahan kepada siswa untuk menemukan solusi.

“Flipped Clasroom yang lebih menekankan kreatifitas siswa dan Blended Learning yang merupakan kombinasi pembelajaran yang didominasi secara online menggunakan perangkat keras dan pembelajaran tatap muka kelas yang digunakan sebagai wadah membangun team working bagi siswa” ucapnya.

Kedepannya, kegiatan belajar me­ngajar di Kota Solok akan memakai platform Google Education. “Untuk tahap awal akan dilatih para pengajar untuk mampu menggunakan chrome book. Muaranya nanti kita mengharapkan di Kota Solok akan ada sekolah referensi google berstandar internasional” jelasnya. (vko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top