Menu

Soal Pengangkatan Ahok, Andre Ingatkan Menteri BUMN

  Dibaca : 223 kali
Soal Pengangkatan Ahok, Andre Ingatkan Menteri BUMN
NARASUMBER— Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade berbicara di TV One terkait pengangkatan Ahok sebagai pimpinan BUMN. (ist)

ADINEGORO, METRO – Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade menyebutkan, sesuai Undang-Undang No 19 Tahun 2003 tentang Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Menteri BUMN memiliki kewenangan penuh untuk mengangkat dan memberhentikan pimpinan BUMN. Namun, kewenangan itu juga “dibatasi” oleh kewenangan DPR memberikan masukan.

“Namun sebagai anggota DPR RI, kami boleh dan harus mengingatkan Menteri BUMN untuk memilih pimpinan yang kompeten di segala aspek. Jadi, Pak Erick Tohir punya kewenangan penuh mengangkat Ahok atau siapa saja. Kami tahu, mungkin tujuannya baik, agar ada gebrakan di BUMN. Tapi jangan dilepas begitu saja,” kata anggota Fraksi Partai Gerindra ini.

Menurut Wasekjen DPP Gerindra ini, Erick Tohir harus berbicara kepada Ahok dan mengingatkan Ahok soal gaya kepemimpinan.

“Kita tidak ingin lagi gaya kepemimpinan yang petantang-petenteng. Kami yakin, Erick Tohir punya alasan tersendiri dan ingin yang terbaik untuk BUMN ke depan,” kata wakil rakyat Dapil Sumbar 1 ini.

Andre Rosiade lantas mengungkit keinginan BUMN yang ingin menjadikan Ahok sebagai petinggi karena sifat transparansinya.

“Pertama tentu seperti yang saya sampaikan ada klarifikasi soal ke BPK dan KPK, kasus-kasus pembelian Sumber Waras, pembelian tanah sendiri, DKI, Cengkareng loh kan katanya mau transparansi, perbaikan,” ujar dia.

Pasalnya masih ada isu kasus hukum Ahok yang hingga kini belum tuntas. “Bayangkan Pak Ahok waktu jadi Gubernur membeli Sumber Waras, jadi temuan BPK. Ini butuh klarifikasi saran saya ya, yang kedua memimpin BUMN ke depan harapan kita tentu perbaikan,” imbuh Andre Rosiade.

Selain itu, Andre Rosiade meminta Erick Thohir nantinya memberikan peringatan pada Ahok. Ia meminta agar Ahok diperingatkan soal tingkah lakunya untuk menjaga kesopanan.

“Harapan kami tentu Pak Erik ingatkan Pak Ahok. anyak pejabat BUMN yang sukses tanpa harus dimaki-maki atasannya. Banyak direksi sukses tanpa perlu memaki-maki orang,” ujar dia.

Direktur Eksekutif Energy Watch, Mamit Setiawan merasa Ahok mampu menjadi petinggi satu di antara BUMN, tercermin dari pengalaman memimpin DKI Jakarta.

“Kita melihat ada perubahan cukup signifikan terkait jalur birokrasi, manajerial, transparansi, saat Pak Ahok menjadi gubernur DKI,” ujar Mamit Setiawan. (*/r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional