Menu

Soal Ibadah Haji 2021, Kang Ace: Lebih Baik Pemerintah Realistis

  Dibaca : 402 kali
Soal Ibadah Haji 2021, Kang Ace: Lebih Baik Pemerintah Realistis
Ace Hasan Syadzily

JAKARTA, METRO–Wakil Ketua Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Ace Hasan Syadzily meminta peme­rintah bersikap realistis dan tidak memaksakan kehendak dalam menyi­kapi pelaksanaan haji 1442 Hijriah atau 2021 Masehi. Sebab, ujar Ace, Peme­rintah Arab Saudi juga belum memberikan lampu hijau kepada Indonesia maupun negara lain terkait pelaksanaan rukun Islam kelima itu.

“Saya merekomen­dasi­kan lebih baik pemerin­tah realistis saja, lebih mengutamakan keselama­tan dan kesehatan je­ma­ah,” ujar Ace di Kom­pleks Parlemen, Senayan, Ja­karta, Rabu (2/6).

Legislator dari Fraksi Partai Golkar itu meng­ingatkan bahwa kesela­ma­tan warga Indonesia men­jadi hal terpenting di dalam pelaksanaan ibadah haji.  Sosok yang karib disapa Kang Ace itu tidak ingin ibadah tersebut justru mem­­buat klaster penu­laran Covid-19. “Le­bih baik tegas saja, lebih baik me­nun­da pem­berangkatan,” kata Kang Ace.

Dia menyadari bahwa ada 11 negara yang war­ganya dibolehkan masuk ke Arab Saudi. Namun, kebijakan itu bukan per­tanda dibukanya kuota haji.

“Kaitannya bukanlah haji. Lebih kepada kebija­kan penerbangan,” ung­kap­nya.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengaku belum bisa memberi ke­pas­tian tentang pelaksa­naan ibadah haji 1442 H. Sebab, Pemerintah Arab Saudi belum memberikan kabar terbaru tentang pe­lak­sa­naan haji.

“Pemerintah Kerajaan Arab Saudi hingga saat ini belum juga memberikan ke­pastian,” kata sosok yang karib disapa Gus Yaqut itu saat menghadiri ra­pat kerja dengan Komisi VIII di Kompleks Parle­men, Jakarta, Senin (31/5).

Gus Yaqut berharap Pemerintah Kerajaan Arab Saudi segera memberi ke­pas­tian tentang pelak­sa­naan haji 2021.

“Hitungan kami waktu yang tersisa sampai de­ngan closing date bandara Arab Saudi yang jatuh pada 4 Zulhijah 1442 Hijriah atau 14 Juli 2021 tinggal sekitar 1,5 bulan,” ungkapnya. (ast/jpnn)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional