Menu

SMPN 9 Solsel Siap Wujudkan SDM Berkualitas

  Dibaca : 127 kali
SMPN 9 Solsel Siap Wujudkan SDM Berkualitas
BELAJAR--Siswa SMPN 9 tengah aktivitas dalam mempelajari tahfidz di luar jam belajar dipantau kepala sekolah.

SOSLEL, METRO–SMPN  9 Solsel yang terletak di Sungai Durian, Nagari Bomas Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu su­dah jauh-jauh hari mempersiapkan diri menjadi Sekolah Umum Berbasis Pesantren (SUBP). Kebe­radaan SMPN  9 Solsel untuk menjadi SUBP telah dirintis semenjak tahun pe­lajaran 2019/2020 lalu.

“Berbagai polemik dan tantangan untuk mewujudkan impian tersebut sudah sangat banyak dilalui oleh pengelola sekolah dengan dukungan Komite Sekolah, Pemerintahan Nagari hingga berbagai pihak yang peduli akan kualitas pendidikan,” kata Kepala SM­PN 9 Solsel, RN Agustin MPd didampingi Waka Ku­ri­ku­lum Oktarini S, Rabu (4/8).

Artinya sekolah yang punya murid kelas VII sam­pai kelas IX sebanyak 83 siswa. Tercatat seba­nyak 26 orang adalah siswa yang mengikuti pembelajaran dengan sistem SUBP. Adapun rincian 27 siswa SUBP di SMPN 9 Solsel, sebanyak 4 orang siswa kelas VII, sebanyak 13 orang dari kelas VIII dan seba­nyak 7 orang dari siswa kelas IX.

Sementara tenaga pen­di­dik dan kependidikan di sekolah itu, 7 orang guru PNS, 4 orang guru honorer, 2 orang pegawai yang PNS, 4 orang pegawai, dan penjaga sekolah yang ma­sih honorer.  “Sebanyak 27 siswa yang tergabung da­lam SUBP nantinya akan mengikuti Proses Belajar Mengajar (PBM) sedikit berbeda dengan siswa yang lainnya. Bahkan nanti siswa kelas SUBP akan dapat pula sertifikat tanda siswa SUBP,” jelas Agustin.

Pendukung kegiatan SUBP di SMPN 9 tersebut, menurut Agustin juga su­dah mendapat dukungan penuh para orang tua sis­wa melalui Wakil Ketua Komite, Syafrizal. “Bahkan para orang tua murid, akan siap untuk mengantarkan makanan bagi anak-anak mereka, selain akan mendukung dalam bentuk lainnya,” kata Agustin.

Secara administrasi atau legalitas SUBP di SM­PN 9, pihak sekolah sudah mengajukan izin operasional ke Bupati melalui Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Solsel. Bahkan, Plt Kadisdikpora Irwandi Osmaini telah pula melihat langsung kondisi sekolah, 28 Juli lalu

“Saat itu beliau mendesak kami untuk segera memperbaiki proposal u­su­lan SUBP agar sempurna, sehingga bupati akan menerbitkan SK tentang SUBP untuk SMP Negeri 9 Solsel ini,” kata Agustin.

Dengan ditetapkannya sekolah ini sebagai SUBP, maka terjawab sudah keinginan Bupati H Khairunas dan Wabup. H Yulian Efi untuk mewujudkan sumber daya pendidikan yang be­kualitas, di bidang ilmu umum, dan ilmu agama.

Sementara itu, pendukung pemondokan sis­wa, pihak sekolah juga sudah menyiapkan dua asrama lengkap dengan kasur, karpet dengan enam MCK, satu mushalla dan fasilitas air bersih.

Sedangkan untuk pendukung pembelajaran, pe­ngelola SUBP dibawah ko­or­dinator Waka Kurikulum, Oktarini, S., juga sudah menyiapkan guru yang didatangkan dari luar untuk mengajar Tahfidz, Al-Quran, Hadist dan guru A­kidah Ahklak. “Selain mengoptimalkan tenaga guru yang ada di sekolah, pihak sekolah juga sudah me­nyiapkan guru dari luar untuk mengajarkan, Tahfidz, Al-Quran dan untuk mengajar akidah akhlak,” ujarnya. (*/afr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional