Menu

SMPN 9 Solsel Melangkah Menuju Sekolah Berbasis Pesantren

  Dibaca : 55 kali
SMPN 9 Solsel Melangkah Menuju Sekolah Berbasis Pesantren
LUSTRASI— Aksinasi Covid-19.

SOLSEL, METRO–Jajaran SMPN 9 Solsel di Sungai Durian Nagari Bomas Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu terus berbenah mewujudkan Se­kolah Umum Berbasis Pesantren (SUBP). Hal tersebut diperkuat dengan telah dilaksanakannya musya­warah sekolah, Selasa (7/9) yang dihadiri, Kadispora Solsel diwakili Sekdis Dikpora Asniati, Korwil Disdikpora Kecamatan Sungai Pagu, Nursiwanti, Komite SMPN 9 Solsel, Syafrizal Dt Rajo Batuah.

Sementara dari pihak sekolah terlihat hadir, Kepala SMPN 9 Solsel, RN Agustin MPd., Waka Kuri­kulum, Oktarini, S serta para wakil kepala sekolah, majelis guru dan pegawai tata usaha sekolah tersebut. ” Kita akan dukung sepenuhnya untuk terwujudnya SMPN 9 Solsel sebagai SUBP, dengan memperhatikan berbagai regulasi yang berkaitan dengan pelaksanaan SUBP di se­kolah ini, ” ungkap Sekdis Dikpora Solsel, Asniati.

Dengan pelaksanaan pendidikan berbasis pesantren di sekolah ini, ada­lah sangat singkronisasi dari keinginan pemimpin saat ini yang sudah di target dalam program kerja selama beliu memimpin, yaitu mewujudkan satu jorong satu rumah tahfidz di Solok Selatan.

Maka, dengan telah dirancang dan dipersiapankannya berbagai regulasi untuk menjadikan SM­PN  9 sebagai sekolah u­mum Berbasis Pesantren, sudah barang tentu pimpinan sangat mendukung. Meski demikian, pihaknya sangat berharap pada pe­nge­lolah, komite, pemerintahan nagari dan ma­sya­rakat nagari untuk lebih mengoptimalkan berbagai kesiapan untuk mewujudkan SUBP di sekolah tersebut.

Bahkan keseriusan Pem­kab. Solsel untuk mendukung SMPN 9 menjadi Sekolah Umum Berbasis Pesantren, Plt Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, Irwandi Osmaini telah berkunjung dan mem­beri masukan dan saran untuk percepatan SU­BP di sekolah tersebut pada 27 Juli kemaren.

Irwandi sangat mendukung terwujudnya SU­BP di SMPN 9 Solsel tersebut. Hal itu dibuktikan dengan adanya beberapa saran dan masukan yang telah diberikan pada pe­nge­lolah sekolah untuk per­cepatan izin operasionalnya.

Korwil Disdikpora Kecamatan Sungai Pagu, Nursiwanti akan siap memberi dukungan untuk terwujudkan sekolah ini menuju SUBP. Apalagi hal ini menjadi bagian dari program kerja pimpinan saat ini dibidang pembangunan pendidikan di Solok Selatan.

Kepala SMPN 9 Solsel, RN Agustin mejelaskan, kesiapan sekolah yang dipimpinnya untuk mewujudkan SUBP telah jauh hari dilakukan. Mulai dari pembenahan dilingkungan se­kolah, hingga melakukan koordinasi dengan pihak Pemerintahan Nagari, Komite Sekolah dan masya­rakat di sekitar sekolah. “Bahkan secara adminitrasi, regulasi untuk terwujudkan SUBP di SMP tersebut, pihaknya telah pula me­ngajukan proposal persetujuan pada Bupati Solsel melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Sol­sel, ” ujar Agustin.

Untuk menuju SUBP, sekolah yang memiliki sis­wa kelas VII sampai kelas IX sebanyak 83 orang sis­wa. Tercarat sebanyak 27 orang adalah siswa yang baru mendapat fasilitas diasramakan, dengan rincian sebanyak 7 orang siswa kelas VII, sebanyak 13 o­rang dari kelas VIII, dan sebanyak 7 orang dari siswa kelas IX. “Sementara tenaga pendidik dan kependidikan di sekolah itu, 7 orang guru PNS, 4 o­rang guru honorer, 2 orang pegawai yang PNS, dari 4 orang pegawai, dan ditambah penjaga sekolah satu orang yang masih honorer,” jelas Agustin.

Meski baru 27 orang yang di asramakan, namun secara umum sebanyak 83 orang siswa di sekolah tersebut akan memgikuti proses belajar mengajar dengan metode perpaduan kurikulum pendidikan umum dan kurikulum SUBP. Artinya, seluruh siswa di sekolah tersebut akan me­ngikuti kegiatan pembelajaran sesuai dengan ketentuan sebagai Sekolah U­mun Berbasis Pesantren. (*/afr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional