Menu

SMP Angkasa Tingkatan Mutu dengan AMSO

  Dibaca : 2159 kali
SMP Angkasa Tingkatan Mutu dengan AMSO
Kepala SMP Angkasa Ratifa Iriani menerima soal-soal AMSO yang diserahkan oleh anggota Lanud Sutan Sjahrir Padang

Angkasa Mathematic and Science Olympiade (AMSO) di SMP Angkasa dimulai lagi. Olimpiade yang digelar setiap tahun ini dibuka oleh Ketua Yayasan Ardhya Garini (Yasarini) cabang Lanud Sutan Sjahrir Ny.Rista Purwanto beserta Komandan Lanud Kol.Pnb Purwanto Adi Nugroho pada Selasa (23/10) lalu. Pembukaan dilaksanakan di lapangan upacara SMP Angkasa jalan Hamka Tabing Padang.

Kepala SMP Angkasa, Ratifa Iriani mengungkapkan rasa bangganya terhadap sekolah Angkasa yang berada dibawah Yayasan Ardhya Garini (Yasarini) ini.

Menurutnya program Angkasa Mathematic and Science Olympiad (AMSO) dari Yasarini yang dilaksanakan secara serentak di seluruh sekolah Angkasa se-Indonesia dapat meningkatkan mutu sekolah dimata masyarakat.

“Tidak semua sekolah swasta yang bisa melakukan ini. Yang memberangkatkan anak sebanyak – banyaknya ke Jakarta untuk berkompetisi dibidang ilmu pengetahuan. Mungkin baru sekolah Angkasa yang melakukannya,” terang guru yang sudah mengabdi lebih dari duapuluh tahun ini.

Bidang Study yang dilombakan di AMSO untuk tingkat SMP adalah Matematika, IPA dan IPS. Dari babak penyisihan ini diambil 20 besar siswa yang akan mewakili sekolah untuk diberangkatkan ke tingkat nasional pada 23 November nanti, ungkap Kepsek Ratifa Iriani.

Sekolah Angkasa memiliki sepuluh program unggulan dalam mendidik karakter anak. Yaitu Cerdas Spritual, Cinta Diergantara, Berkarakter, Berbudaya, Ramah Lingkungan, Full Day School, Berkarya, Can Speak English, Berbakat dan Juara. Jadi memang Angkasa bukan sekolah sembarangan. Dari segi mutu dan pembelajaran Sekolah Angkasa tidak kalah dengan sekolah lain, sebutnya.

Ketua Umum Yasarini Ibu Nanny Hadi Tjahjanto melalui ketua cabang Lanud Sutan Sjahrir Ny. Rista Purwanto Adi Nugroho dalam sambutannya pada acara pembukaan Angkasa Mathematic and Science Olympiad (AMSO) di SMP Angkasa Lanud Sutan Sjahrir Padang, menyampaikan bahwa pendidikan di Indonesia pada dasarnya tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tapi juga tanggung jawab kita semua, baik secara pribadi, keluarga, maupun institusi.

Pemerintah bukanlah satu-satunya penyelenggara pendidikan. Sebagaimana kita ketahui bahwa tidak sedikit pendidikan diselenggarakan oleh pihak swasta atau yang sering dikenal dengan sekolah swasta.

“Yayasan Ardhya Garini (Yasarini) didirikan dari kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap dunia pendidikan di Indonesia bagi keluarga besar istri prajurit TNI AU yang tergabung dalam Persatuan Istri Anggota TNI AU atau yang disebut PIA Ardhya Garini,” ucap Ny.Rista Purwanto.

Saat ini Yasarini telah mengelola sekolah-sekolah mulai dari tingkat PAUD, SD, SMP, SMA, SMK dan SLB sebanyak 151 sekolah yang tersebar di seluruh Indonesia serta pendidikan non formal berupa kursus-kursus keterampilan yang dibutuhkan oleh masyarakat, lanjut Rista.

Memang diperlukan inovasi dan kreatifitas berpikir serta bertindak untuk meningkatkan mutu sekolah, salah satunya dengan menyelenggarakan Angkasa Mathematic And Science Olympiad (AMSO).

Olimpiade mata pelajaran merupakan kegiatan yang menantang bagi setiap siswa, dikarenakan dalam olimpiade tersebut membutuhkan penalaran dan pemahaman tingkat tinggi (High Order Thinking Skills) pada daya pikir siswa. Kegiatan olimpiade mata pelajaran ditujukan agar peserta didik dapat mengembangkan daya pikir, bakat dan kemampuannya diberbagai pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari, jelas Ny. Rista Purwanto.

Ia juga menjelaskan bahwa pada AMSO tahun kedua ini, jumlah peserta dari Lanud Sutan Sjahrir Padang sebanyak 328 anak. Yang terdiri dari SD Angkasa 152 anak dan SMP Angkasa sebanyak 176 anak. Untuk tim pengawas sebanyak 24 orang yang berasal dari guru dan dari dinas TNI AU.

Sementara Komandan Lanud Sutan Sjahrir Kol.Pnb Purwanto Adi Nugroho menyampaikan bahwa kegiatan olympiade ini ditujukan agar murid Angkasa Lanud Sutan Sjahrir dapat meningkatkan cara berpikir dan bakat serta kemampuannya didalam kehidupan kehidupan sehari-hari.

Komandan menyebut bahwa penyelenggara AMSO adalah Yasarini pusat yang terkait pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan mutu anak didik. “Kompetisi internal yang dilakukan secara serentak diseluruh sekolah Angkasa di Indonesia diselenggarakan oleh Yasarini pusat yang terkait pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan mutu anak didik ,” ungkapnya.(pl1)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional