Menu

SMK Payakumbuh Harus Ikuti Perkembangan Industri

  Dibaca : 87 kali
SMK Payakumbuh Harus Ikuti Perkembangan Industri
Ketua DPRD Sumbar, Supardi, pada saat pertemuan dengan kepala SMA dan SMK se-Payakumbuh, Senin (23/8).

PAYAKUMBUH, METRO–Ketua Dewan Per­wa­kilan Rakyat Daerah (DP­RD) Provinsi Sumatera Ba­rat, Supardi menyam­pai­kan, sekolah menengah kejuruan (SMK) harus mam­pu menyesuaikan diri de­ngan perkembangan kebu­tuhan industri.

Hal ini disampaikan Su­pardi pada saat melakukan pertemuan dengan kepala SMA dan SMK se-Paya­kumbuh, Senin (23/8).

Kata Supardi,  agar lulusannya bisa terserap di dunia industry,  pihak se­kolah harus bisa menjalin kerjasama dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).

“ Ini merupakan stra­tegi pembelajaran dan bis­nis yang dapat mem­beri­kan keuntungan kedua be­lah pihak,” ungkap Supardi.

Menurutnya, praktik kerja industri merupakan bagian dari program pem­belajaran , sehingga bisa menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian professional.

Untuk itu, lanjut Supardi, pemberdayaan terhadap SMA dan SMK yang ada, terutama dari sisi promosi ke dunia industri menjadi hal yang prioritas dilaku­kan.

“Apalagi khusus SMK, mestinya bisa menyiapkan lulusannya yang siap be­kerja, sehinga terserap di dunia industri,” ungkap Supardi.

Supardi menekankan, sekolah harus bisa men­jalin kerjasama dengan berbagai pihak.  “SMK ha­rus bisa mengandeng pe­laku industri sesuai dengan kejuruan yang dimiliki di sekolah,” kata kader Ge­rindra ini.

Supardi juga menyam­paikan pertemuan dengan kepala sekolah ini untuk menyerap aspirasi kepala sekolah. Termasuk tentang sarana dan prasarana di SMA dan SMK se-Kota Pa­ya­kumbuh.

“Mestinya, pemerintah provinsi diharapkan dapat menyiapkan sarana dan prasarana IT untuk men­dukung proses belajar me­ngajar di sekolah,”  kata Supardi.

“Saya berharap, kelak lulusan SMK bisa berdaya guna dan bekerja pada berbagai instansi. Maka, perlu menjaga kesehatan dalam menyerap ilmu yang diberikan para guru, dengan cara penerapan prokes,” tambahnya/

Dia jugua akan selalu mendukung peningkatan kualitas pendidikan, baik secara pribadi maupun sebagai bagian dari pe­merintahan dan Ketua DP­RD.

Di sisi lain, Supardi juga mengingatkan agar pelak­sanan belajar tatap muka di sekolah menerapkan protokol kesehatan (pro­kes). (hsb)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional