Menu

Smart City Program Meningkatkan Kualitas SDM

  Dibaca : 55 kali
Smart City Program Meningkatkan Kualitas SDM
BIMTEK—-Wako Solok Zul Elfian ketika membuka kegiatan Bimtek pendamping smart city. (eriviko/posmetro)

SOLOK, METRO  -Wali Kota Solok Zul Elfian mengatakan, Smart City merupakan program bersama Kementerian Kominfo, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional dan kantor Staf Kepresidenan.

Tujuannya untuk membimbing kabupaten dan kota dalam menyusun Masterplan Smart City agar bisa lebih memaksimalkan pemanfaatan teknologi, baik dalam meningkatkan pelayanan maupun mengakselerasikan segala potensi yang ada.

“Dengan konsep Kota Cerdas diharapkan dapat membantu masyarakat mengelola sumber daya manusia (SDM) yang ada dengan efisien, serta memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat atau lembaga dalam melakukan kegiatannya,” ujar Zul Elfian.

Kota cerdas yang dilengkapi dengan infrastruktur dasar, memiliki sistem transportasi yang efisien dan terintegrasi, kualitas hidup masyarakat terus meningkat, rumah hemat energi, bangunan ramah lingkungan dan memakai sumber energi terbarukan, menjadi tujuan.

Namun menurutnya, untuk mewujudkan Kota Cerdas ini tidak mudah, butuh komitmen dari semua pihak serta perencanaan matang, karena Kota Cerdas merupakan konsep pembangunan 5 tahun yang bertahap dan berkelanjutan dengan mempertimbangkan RPJM, RPJMD dan RPJMP.

“Untuk itu, Pemko Solok melalui Dinas Kominfo yang bekerjasama dengan Bappeda berinisiasi untuk menyusun Rencana Induk implementasi Kota Cerdas di Kota Solok, dengan melibatkan seluruh stake holder yang tergabung dalam Tim Pengarah, Tim Pelaksana dan Pembimbing,” tambahnya.

Kepala Dinas Kominfo Kota Solok, Zulfadli mengatakan bimtek pendampingan Smart City dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman kepala OPD terkait Smart City dalam implementasi terhadap program dan kegiatan yang ada di unit kerja.

Dengan adanya bimtek ini, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman tentang Grand Design Smart City Kota Solok, mengetahui prioritas pembangunan selama satu tahun kedepan dngan penentuan Quick Win dan berpijak kepada Roadmap Smart City.

Meningkatkan pemahaman soal implementasi Smart City, Pemerintah daerah bersama Direktorat Layanan Aplikasi dan Informatika Pemerintahan Kemenkominfo-RI kembali menggelar Bimtek pendampingan bagi pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemko Solok. (vko)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional