Close

SKKAAD, Dukung Pengelolaan Arsip yang Efektif

SAMBUTAN— Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok, Wadirman saat memberikan sambutan pada acara pengelolaan arsip.

SOLOK, METRO–Untuk mendu­kung pengelolaan arsip dinamis yang efektif dan efisien perlu diatur dalam suatu pedoman yaitu SKKAAD. Hal ini sebagaimana diamanatkan Pasal 40 ayat (4) Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan serta untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan arsip oleh pihak-pihak yang tidak berhak.

SKKAAD merupakan salah satu dari empat pilar kearsipan yang harus ada yang terdiri dari tata naskah dinas, klasifikasi arsip, jadwal retensi arsip (jra) dan sistem klasifikasi ke­amanan dan akses arsip dinamis (SKKAAD).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok, Wadirman mengatakan pihaknya menggelar kegiatan Penyusunan Sis­tem Klasifikasi Keamanan Akses Arsip Dinamis  bertempat di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok.

Kegiatan  telah dihadiri oleh Kasubag Umum dan Kepegawaian serta Pengelola arsip dari 12 OPD yang menyusun 12 urusan Sistem Klasifikasi Keamanan Akses Arsip Dinamis.

“SKKAAD yakni aturan pembatasan hak akses terhadap fisik arsip dan informasinya sebagai dasar untuk menentukan keterbukaan dan kerahasiaan arsip dalam rangka melindungi hak dan kewajiban pencipta arsip dan pengguna dalam pelayanan arsip, “ terang Wadirman.

Tujuan dari SKKAD itu lanjutnya untuk melindungi fisik dan informasi arsip dinamis dari kerusakan dan kehilangan. Sehingga kebutuhan akan ketersediaan, ke­terbacaan, keutuhan, integritas, otensitas dan reliabilitas arsip tetap terpenuhi.

Dan untuk mengatur akses arsip dinamis yang sesuai dengan ketentuan perundang-undangan agar dapat dicegah terjadinya penyalahgunaan arsip oleh pihak-pihak yang tidak berhak untuk tujuan dan kepentingan yang tidak sah.

“Kegiatan penyusunan SKKAAD ini dikerjakan langsung oleh Kasubag. Umum dan Kepegawaian dan Pengelola arsip yang didampingi oleh Arsiparis-Arsiparis dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok,” tuturnya. (vko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top