Close

Sitinjau Lauik Longsor, Akses Jalan Padang-Solok Lumpuh Total

LONGSOR— Jalan di kawasan Sitinjau Lauik tertimbun longsor. Akibatnya, akses jalan tak bisa dilalui kendaraan.

PADANG, METRO–Bencana tanah longsor menimbun ruas jalan di kawasan Sitinjau Lauik, Kelurrahan Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Senin (23/1). Dampaknya, akses jalan Padang-Solok menjadi putus total karena tak bisa dilalui kendaraan bermotor.

Data dari Pusat Kendali dan Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) Kota Padang, longsor menutup hampir seluruh ruas jalan. Kemcaetan parah pun tak terhindarkan dari arah Padang maupun Solok dan terjadi penumpukan kendaraan.

Kapolsek Lubuk Kilangan, Kompol Lija Nesmon mengaku longsor terjadi sekitar pukul 18.00 WIB sehingga menghambat akses jalan Padang-Solok. Lokasi tepatnya terjadi lngsor terjadi sebelum jembatan Lubuk Paraku di bawah panorama 1 dari arah Padang menuju Solok.

“Akibat longsor, arus lalu lintas dari arah Padang  Solok maupun sebaliknya mengalami macet total dan tidak bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat,” ujar Kompol Lija kepada wartawan.

Dijelaskan Lija, pihaknya sudah berada di lokasi untuk melakukan pengturan lalu lintas dan membantu membersihkan material tanah longsor yang menutupi badan jalan ter­sebut.

“Selain mengatur lalu lintas, personel juga dikerahkan untuk membantu instansi terkait dalam me­lakukan pembersihan material longsor agar akses bisa segera pulih. Material longsor itu berupa tanah serta pohon kayu yang terbawa air bah akibat hujan. Saat ini proses pembersihan masih berlangsung,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Endrizal meminta kepada semua ma­syarakat untuk terus berhati-hati karena intensitas hujan yang terus meningkat dari Senin siang.

“Kami meminta masya­rakat di kawasan perbukitan untuk terus berhati-hati dan melaporkan situasi terbaru ke Kelompok Siaga Bencana (KSB), Lurah, Camat, Babinsa, Bhabin Kamtibmas ataupun langsung ke kami,” katanya.

Selain itu, Endrizal juga mengimbau untuk tidak berdiri atau memarkirkan kendaraan di bawah pohon karena rawan tumbang di saat hujan. (rom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top