Menu

Siswi SMPN 9 Raih Predikat Putri Penggalang Pramuka Kota Payakumbuh

  Dibaca : 75 kali
Siswi SMPN 9 Raih Predikat Putri Penggalang Pramuka Kota Payakumbuh
PUTRI PENGGALANG— Putra putri Duta Pramuka Payakumbuh foto bersama usai meraih juara. (ramadalius/posmetro)

NGALAUINDAH, METRO  – Dalam pemilihan putra-putri Duta Pramuka Kota Payakumbuh yang digelar sejak April 2019 oleh Kwarcab 0314 Kota Payakumbuh, SMPN 9 Kota Payakumbuh mengukir prestasi yang membanggakan melalui 3 orang siswanya. Iga Periswa Mawarni mendapatkan 4 tropy untuk kategori Putri Penggalang Persahabatan, Putri Penggalang Favorite, Putri Penggalang Best Perfomance, dan menjadi Putri Penggalang Pramuka Kota Payakumbuh 2019 saat penyerahan hadiah di Aula Ngalau Indah Eks Balaikota Lantai 3 Eks Lapangan Poliko, Minggu (11/8).

Untuk proses meraih juara itu, melalui beberapa kali seleksi, mulai dari babak Top 10, Top 6 hingga Top 3. Selain itu, dua siswa lainnya juga menorehkan prestasi bagi ESLANCOPA, diantaranya Noval Ramadhan mendapatkan second runner up Putra Penggalang Payakumbuh dan Karla Saskia Sumarno meraih runner up fifth Putri Penggalang Pramuka Payakumbuh. Sementara itu, untuk Putra Penggalang Pramuka Kota Payakumbuh 2019 diraih oleh MTSN Kota Payakumbuh

Siswa yang dibina oleh 5 guru Helmawati, S.Pd, Elga Pritania, Spd, Gusmelda, S.Pdi, Silvi Andriani, S.Pd, Dra. Eni Rida juga dilatih oleh Gifari dari Pemadam Kebakaran Kota Payakumbuh, dan Abdi Saad Fahrezi dari Security ICBS untuk memberikan pengayaan dan persiapan bagi siswa-siswa pramuka SMPN 9 Kota Payakumbuh.

“Kiat-kiat yang di tempuh hanya motivasi yang lebih bnyak diberikan, karena dalam kegiatan ini, bakat dari diri pribadi siswa lah yang sangat dibutuhkan, seperti cara berteman, bersikap, bersosialisasi ke masyarakat, sampai kepada bakat dan minat dari anak-anak,” ujar Elga Pritania, salah satu pembina.

Pembina Kwarcab 0314 Syawal Mai Putra, SE berharap prestasi yang diukir oleh Duta Pramuka Kota Payakumbuh benar- benar mampu diaplikasikan oleh para duta dalam kehidupan sehari-hari, dimana para siswa mampu untuk bersikap baik dan mampu membuat kehadiran mereka disukai oleh masyarakat.

“Selain itu, menumbuhkan semangat kepada teman-temannya yang lain dengan menunjukkan peningkatan Sumber Daya Manusia baik dari sisi kualitas maupun dari sisi kuantitas, itulah siswa pramuka yang berkelas,” kata Syawal.

Kepala SMPN 9 Payakumbuh Syafrida, S.Pd, MM didampingi wakilnya Midarlen, S.Pd, M.Si sangat bersyukur dengan prestasi yang diperoleh siswanya, dikatakan sekolah sudah menyiapkan reward bagi siswa yang juara, dan memberi kesempatan kepada kakak yang juara untuk berbagi pengalaman dan motivasi kepada adik kelasnya.

“Kami ucapkan terimakasih kepada pembina pramuka dan juga selamat kepada siswa kami yang meraih prestasi,” ujar Syafrida.

Dikatakan, dengan adanya sistem zonasi, peluang sekolah untuk menciptakan siswa-siswa berprestasi melalui monitoring dan evaluasi kepada bakat siswa sesuai dengan bidangnya menjadi lebih baik, dimana saat Masa Orientasi Siswa (MOS) ada penampilan bakat, disitu sekolah bersama OSIS menjaring siswa yang akan disiapkan untuk mengikuti berbagai lomba.

“Kita membina dari awal, untuk menyiapkan siswa yang akan diikutsertakan dalam lomba baik yang digelar oleh pemerintah kota, provinsi, maupun pihak swasta,” pungkasnya.

Iga Periswa Mawarni, siswa kelas IX itu merasa sangat senang dan merasa bersyukur, tidak menyangka bisa meraih juara untuk sekolahnya, sejak awal ada rasa tidak PD mengikuti lomba itu, namun siswi yang multi talent itu menyebut dorongan dan dukungan keluarga serta sekolah membuatnya termotivasi untuk maju dan menjalani tahap demi tahap iven bergengsi itu.

“Menjadi duta puteri penggalang pramuka adalah sebuah kebanggaan tersendiri bagi Iga, kami nanti akan memberikan sosisalisasi program kepramukaan kepada Gugus Depan (Gudep) yang ada di Kota Payakumbuh,” tukuk Iga yang berdomisili di Balai Panjang ini dengan wajah ceria. (us)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional