Close

Siswa SMP di Kecamatan Ulakan Tapakis Dibekali Mitigasi Bencana Gempa dan Tsunami

Wakil Bupati Padangpariaman Rahmang, kemarin, membuka sosialisasi mitigasi bencana gempa dan tsunami untuk siswa siswi SMP di Kecamatan Ulakan Tapakis.

PDG.PARIAMAN, METRO–Wakil Bupati Padangpariaman Rahmang, kemarin, membuka sosialisasi mitigasi bencana gempa dan tsunami untuk siswa siswi SMP di Kecamatan Ulakan Tapakis.

“Satuan pendidikan aman bencana (SPAB) atau sekolah aman adalah komunitas pembelajar yang berkomitmen akan budaya aman dan sehat, sadar akan risiko, memiliki rencana yang matang dan mapan sebelum, saat, dan sesudah bencana, serta selalu siap untuk merespons pada sa­at darurat dan bencana,” kata Wakil Bupati Padangpariaman Rahmang, kemarin.

Rahmang menyampaikan sosialisasi dan simulasi bencana sudah menjadi keharusan, dalam rangka pencegahan dan upaya pengurangan resiko bencana.

“Sekolah harus proaktif dalam membangun ke­tangguhan sekolah dalam menghadapi bencana, sesuai 3 pilar dalam Permendikbud Nomor 33 Tahun 2019 tentang Satuan Pendidikan Aman Bencana, Fasilitas Sekolah Aman Bencana,  Manajemen Bencana Sekolah, dan Pendidikan pencegahan dan Pengurangan Resiko Bencana. Setelah acara pembukaan dilakukan foto bersama didepan seko­lah,” jelas Wabup.

Sementara Kabid Pen­cegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Pa­dangpariaman Wirman menyampaikan kegiatan sosialisasi dan mitigasi bencana adalah bagian dari pemenuhan SPM la­yanan informasi kebencanaan.

Pada tahun anggaran 2021 ini kegiatan sosialisasi mitigasi bencana ditujukan pada bahaya gempa bumi dan tsunami, khu­susnya pada sekolah SL­TP, karena pada tahun sebelumnya telah dilaksanakan pada TK dan SD di sepanjang pesisir pantai.

Adapun sekolah yang ditunjuk sebagai tempat pelaksanaan kegiatan adalah 5 sekolah yaitu, SM­PN 2 Batang Gasan, SMPN 3 Batang Gasan, SMPN 1 Sungai Limau, SMPN 1 U­lakan Tapakis dan SMPN 3 Ulakan Tapakis.

Adapun yang terlibat sebagai peserta disini adalah siswa dan guru pada sekolah yang bersangkutan dengan jumlah sebanyak 30 orang.

“Untuk SMP 4 Sungai Limau dan SMPN 2 Batang Anai, sebelumnya telah dilaksanakan kegiatan yg sama dengan pelaksana BMKG Padang Panjang di mana kegiatan ini (Goes to school) sebagai bagian dari rangkaian SLG +Se­kolah Lapang Geofisika,” tambah Wirman me­ng­akhiri. (efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top