Close

Siswa SMKN 6 Padang Ikuti Penyuluhan dan Binjab, Dian Fakri: Selain Skill juga Dibutuhkan Kemampuan Bahasa Asing 

PENYULUHAN— Kadisnakerin Kota Padang Ir Dian Fakri foto bersama dengan para siswa Kelas XII usai membuka penyuluhan dan Binjab di SMKN 6 Padang, Kamis (15/9).

PADANG, METRO–Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Kadisnakerin) Kota Padang Ir Dian Fakri menga­takan, untuk  bersaing mendapat­kan kesempatan kerja di dunia kerja era globalisasi ini memang tak terlepas dari keahlian (skill).

“Selain itu juga dituntut me­miliki kemampuan berbahasa asing antara lain bahasa Inggris atau bahasa lainnya,” ucap Dian Fakri saat membuka Kegiatan Penyuluhan dan Bimbingan Jaba­tan (Binjab) siswa Kelas XII SMKN 6 Padang, Kamis (15/9). 

Dikatakan Dian, saat ini untuk mendapatkan kesempatan kerja memang tak sagampang era dahulu. Dulu dunia kerja cukup banyak, akan tetapi SDM (sumberdaya manusia) yang minim. Be­da sekarang kesempatan dunia kerja tersebut yang minim, sedangkan SDM tenaga kerja sangat me­limpah. 

“Untuk mendapatkan kesempatan kerja di era kekinian sangat ketat sekali, sehingga dituntut kerja keras dan kemauan yang tinggi,” ujar Dian. 

Ditambahkan Dian, di samping itu siswa sekarang jangan terpaku dengan jurusan yang dituntut di sekolah saja. Akan tetapi jika ada skill atau bakat yang lain, seperti disain grafis, las dan otomatif, maka kembangkan potensi tersebut untuk berusaha. Di sisi lain, kalau tetap kekeh di jurusan yang dituntut di sekolah, bisa saja memiliki persaingan yang ketat sekali. 

Kepala Bidang Penempatan Pelatihan dan Pro­duktivitas (Pentalattas) Disnakerin Padang Widia Afriyanti SSTp MM melaporkan, kegiatan ini me­ru­pakan program penempatan tenaga kerja dengan mengusung tema meningkatkan Soft skill dalam rangka memasuki dunia kerja.

“Penyuluhan dan Binjab ini melibatkan sebanyak 40 siswa SMKN 6 Padang terutama kelas XII,” ujar Widia. 

Ditambahkan Widia, karena anak-anak ini sebentar lagi akan meninggalkan bangku sekolah, sehingga setelah itu otomatis mereka akan memasuki dunia kerja. Dalam memasuki dunia kerja mereka dituntut memiliki wawasan dan informasi soal dunia kerja. selain itu untuk mengetahui informasi kesempatan dunia kerja ke luar negeri. Kemudian  menambah wawasan terhadap melanjutkan pendidikan dan berwiraswasta. 

Kepala SMKN 6 Padang dra Sri Wirdani MPd mengharapkan siswa dan siswinya yang mengikuti penyuluhan dan Binjab dengan serius. “Sebab, sangat berguna sekali dalam menghadapi dunia kerja seusai lepas Deri pendidikan dari sekolah ini,” ujar Sri.

Dikatakan Sri, dalam menghadapi dunia kerja tersebut memang dituntut memiliki keahlian. Namun, semua itu tak cukup. Akan tetapi siswa dituntut mempunyai wawasan dan informsi dunia kerja. Apalagi siswa sekolah kejuruan harus memahami mindset bekerja, melanjutkan pendidikan dan berwiraswasta (BMW). (ped)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top