Menu

Siswa Siswi SMA Padangpanjang Dialog dengan Wako Pariaman

  Dibaca : 88 kali
Siswa Siswi SMA Padangpanjang Dialog dengan Wako Pariaman
DIALOG SISWA— Wako Genius Umar ketika menerima siswa dan siswi dari Padangpanjang.

PARIAMAN, METRO–Sebelas orang siswa-siswi dari SMA 1 Negeri Padangpanjang datangi Walikota Pariaman H Genius Umar dan berdialog tentang HAM di Kota Pariaman. Kedatangan mereka disambut baik oleh Genius Umar di ruang kerjanya, kemarin.

Siswa asal Kota Pariaman ini untuk melaksanakan tugas Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) yang dibebankan oleh sekolahnya. Masing-masing siswa telah menyiapkan satu pertanyaan untuk Genius mengenai tentang harmonisasi HAM dalam Pancasila.

Pertanyaan pertama yang dilontarkan siswa ini adalah bagaimana tanggapan Walikota Pariaman mengenai HAM dan penerapannya di Kota Pariaman.

“Indonesia sebagai negara hukum yang men­junjung tinggi hak asasi manusia memiliki kewajiban untuk memberikan kesempatan kepada warga negaranya untuk memperoleh pendidikan, sebagai­mana tercantum dalam UUD 1945, Oleh karena itu, sudah sepantasnyalah kami sebagai pemerintah Kota Pariaman menyediakan fasilitas dan memberikan kesempatan kepada seluruh anak-anak Kota Pariaman tanpa terkecuali, untuk memperoleh pendidikan sebagai wujud dari penegakan Hak Asasi manusia,” ungkap Walikota Pariaman H Genius Umar.

“Semua anak-anak Kota Pariaman harus bisa mengecap pendidikan sampai ke Perguruan tinggi (PT), begitu juga dengan anak-anak dari keluarga tidak mampu. Di Kota Pariaman seluruh biaya pendidikan dari tingkat SD, SLTP, dan SLTA, gratis tidak dipungut bayaran, semua difasilitasi oleh pemerintah kota pariaman”, sambungnya.

Beliau menjelaskan, untuk anak-anak dari keluarga kurang mampu mereka juga bisa melanjutkan pen­didikan mereka ke PT, melalui program Saga Saja (satu keluarga satu sarjana) yang digagas oleh pemerintah kota pariaman yang bekerjasama dengan PT yang ada di Sumatera Barat dan Luar Sumatera Barat.

“Saya sangat mengapresiasi sekali keberanian dari ananda semua yang mau datang ke Kota Pariaman, hanya untuk melaksanakan tugas sekolah Ananda semua. Keberanian dalam bersikap ini perlu dipupuk sampai nanti sehingga keberanian itulah yang akan membawa Ananda semua kepada keberhasilan,” ujarnya.

Sementara itu salah seorang siswa, Farah Kemala Yudha mewakili teman-temannya mengatakan, berterimakasih dengan sambutan dan pen­jelasan yang telah diberikan Wali Kota Pariaman. “Kami bangga bisa berbicara dengan Bapak Genius Umar dan juga dengan program pendidikannya, dan kami berharap kedepannya Pariaman tetap maju dengan program-program pendidikannya dan program lainnya, sehingga lebih bisa dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia, dan bisa membantu perkembangan pendidikan Indonesia,” tambah Farah. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional