Close

Siswa SDN 58 Batang Agam, Pilih Sampah Plastik yang Berserakan di Jalan

PILIH SAMPAH— Siswa SDN 58 Batang Agam melakukan aksi bersih dengan memungut sampah plastik yang berserakan di jalan yang dilalui siswa menuju sekolah.

NUNANGDAYABANGUN, METRO–Persiapan menuju se­kolah adiwiyata tingkat Sumbar, SDN 58 Payakumbuh atau yang dikenal dengan SDN 58 Batang Agam menyelenggarakan 2 kegiatan sekaligus Sabtu (5/3). Se­kolah yang dipimpin Susi Afrita dan berada di pinggiran Batang Agam Kelurahan Nunang Daya Bangun ini melaksanakan kegiatan Isra’ Mi’raj dan peduli sampah.

Sekolah ini sepertinya tidak pernah sepi dengan kegiatan, pres­tasi, serta inovasi, se­telah sukses menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 anak usia 6-11 tahun.

Diawali dengan me­n­dengarkan tausiyah yang disampaikan Pengawas Pendidikan Agama Arham S Ag dan diteruskan arahan serta penyampaian dari Kepsek SDN 58 Susi Afrita, kemudian seluruh siswa yang didampingi para guru menuju ke lokasi yang akan dibersihkan.

Kepala Sekolah Susi Afrita mengatakan aksi peduli sampah kali ini berfokus pada sampah plastik yang berserakan dan ditemui sepanjang jalan yang dilalui sekitar kelurahan Nunang Daya Bangun, sekaligus kegiatan ini bertujuan sebagai persiapan sekolah menuju sekolah Adiwiyata.

“Kegiatan atau aksi yang dilaksanakan adalah melakukan pemungutan sampah disekitar jalur Batang Agam, lingkungan sekolah, dan jalan sepu­taran Kelurahan Nunang Daya Bangun. Siswa berbekal kantong plastik ataupun membawa peralatan penampungan sampah,” kata Susi.

Kepsek Susi Afrita men­jelaskan kegiatan pengajian dan aksi peduli sampah ini diselenggarakan adalah sebagai bentuk kepeduliannya terhadap pembentukan karakter ba­gi murid serta pemba­ngunan mental dan spiritual sebagai bekal nanti­nya di kemudian hari.  “Aksi ini juga dilakukan sebagai bentuk dan upaya sekolah mengajak dan mendidik para siswa supaya cinta akan lingkungan yang bersih dan sehat,” jelasnya.

Susi menambahkan, kegiatan sekolah ini tidak terlepas dari support dan dukungan Dinas terkait seperti Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, Pus­kesmas Ibuh, Pemerintah Kelurahan, LPM, dan tokoh masyarakat.

“Mudah-mu­dahan dukungan dan support ini terus bertambah sehingga dengan kerja­sama dan sinergi antara pemerintah dan ma­sya­rakat ini mengantarkan sekolah ini menjadi yang terbaik,” tutup Kepala se­kolah Susi Afrita.

Sementara itu, Ketua LPM Kelurahan Nunang Daya Bangun Fahman Ri­zal menyambut baik langkah yang dilakukan oleh Kepsek Susi Afrita dan memberikan apresiasi terhadap aksi yang dilakukan oleh jajaran guru dan seluruh siswa SDN 58. “Kedepannya ke­giatan ini menjadi agenda rutin dan masuk dalam rencana program tahunan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (L­PM) Nunang Daya Ba­ng­un,” ujar Fahman.

Terpisah, Lurah Nu­nang Daya Bangun Ari A­shadi turut mengapresiasi langkah yang dilakukan SDN 58 Batang Agam ini. “Semoga kegiatan ini bi­sa menjadi motivasi bagi ma­syarakat dengan ke­bersihan lingkungan dan menjadikan Nu­­nang Daya Bangun bersih dan asri,” pungkasnya. (uus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top