Menu

Singkirkan Caleg Petahana, Andre Raih Suara Tertinggi di Sumbar 1

  Dibaca : 323 kali
Singkirkan Caleg Petahana, Andre Raih Suara Tertinggi di Sumbar 1
Andre Rosiade

ADINEGORO, METRO – Juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Andre Rosiade, yang maju sebagai calon anggota legislatif DPR RI, meraih suara tertinggi di Dapil Sumatera Barat (Sumbar) I. Andre menyingkirkan caleg DPR RI petahana yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Sumbar Alex Indra Lukman.

Dari rekapitulasi akhir hasil perolehan suara tingkat Provinsi Sumatera Barat, Andre tercatat memperoleh 133.994 suara dan lolos sebagai anggota DPR RI asal Sumatera Barat. Andre juga menjadi satu-satunya Caleg di Dapil 1 yang meraih suara di atas 100 ribu.

”Alhamdulillah. Saya berterima kasih kepada seluruh masyarakat Sumatera Barat, terutama para pendukung dan relawan yang telah memberikan kepercayaan dan suaranya kepada kami,” kata Andre Rosiade yang juga ketua harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) itu, kemarin.

Suara Andre berada jauh di atas tujuh caleg lainnya, yang juga diperkirakan lolos ke DPR RI mewakili Dapil Sumbar I. Caleg PAN Athari Ghauti meraih 82.982 suara dan Asli Chaidir meraih 70.057. Sedangkan caleg Demokrat Darizal Basir meraih 65.877 suara.

Sementara itu, rekan satu partai Andre dari Gerindra, Suir Syam, meraih 51.556 suara. Caleg PKS Hermanto meraih 50.146 suara. Caleg NasDem Lisda Rawdha Hendrajoni meraih 37.326 suara dan caleg Golkar Darul Siska meraih 26.920 suara.

Di dapil ini, dua petahana tersingkir, yakni Endre Saifoel dari NasDem dan Ketua DPD PDI P Sumbar Alex Indra Lukman. PDIP bahkan tak mendapat satu pun kursi DPR RI dari Sumatera Barat. Di Dapil 2, Agus Susanto juga gagal mengulang kisah sukses ke Senayan 2014.

Menurut Andre, apa yang diperolehnya merupakan buah kerja keras selama setahun terakhir. Dalam rentang waktu tersebut, ia mengaku selalu turun langsung ke bawah, melihat, mendengar, dan menyerap suara-suara masyarakat di tingkat bawah.

”Dalam rentang waktu tersebut, saya juga mendapat banyak bully, cacian, dan hinaan. Beragam. Bahkan saya pernah mendapat intimidasi saat kampanye di Sungai Rumbai, Dharmasraya, di kampung bupati pendukung utama Jokowi. Tapi saya dapat suara sangat bagus di sana,” jelas Andre yang juga Wasekjen DPP Partai Gerindra ini.

Andre menyebut, Kabupaten Dharmasraya merupakan penyumbang suara terbesar kedua bagi Andre. Ia mendapat 20.862 suara di sana. Penyumbang suara terbesarnya adalah Kota Padang, dengan 70.579 suara.

“Di lokasi yang katanya basisnya 01, kami menjadi Caleg DPR RI dengan suara terbanyak,” katanya. (r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional