Menu

Silungkang Duo Bangkitkan Gerakan Membaca dengan Kolam Baca

  Dibaca : 82 kali
Silungkang Duo Bangkitkan Gerakan Membaca dengan Kolam Baca
KEGIATAN MEMBACA— Sejumlah anak-anak antusias mengikuti kegiatan Kolam Baca yang dibuat oleh Silungkang Duo, Kota Sawahlunto.

SAWAHLUNTO, METRO
Silungkang Duo bangkitkan semangat dan antusiasme anak-anak sekolah untuk membaca buku. Melalui Kolam Baca yang merupakan sebuah kelompok pegiat literasi di Kota Sawahlunto yang terdiri dari kaum muda (Mahasiswa) Sawahlunto, anak-anak difasilitasi untuk gemar membaca.

Hal ini tentu saja memberi angin segar bagi pecinta buku karena mampu menggairahkan minat anak, terhadap membaca. Potensi yang ada pada kelompok KolamBaca, memberi saluran melalui MABAR (Membaca Buku Bareng) lewat literatur buku bacaan dengan mengajak anak-anak untuk ikut dan senang membaca.

Diawali dengan tahapan mengumpulkan anak, perizinan kegiatan, memenuhi kebutuhan untuk kegiatan. Seperti terpal, buku-buku bacaan dan ATK seperti pensil untuk mewarnai serta kertas gambar, yang peralatan tersebut didapat secara sukarela.

“Kami senang, bisa baca buku cerita untuk dibaca sambil main,” ujar Dian salah seorang pelajar Kelas III pada salah satu SD, di Silungkang Duo yang terlihat sedang tekun membaca, di depan Surau Manggis, tempat kelompok KolomBaca ini menggelar kegiatan.

Raja Syeh Anugrah sebagai pelopor kolam baca ini menyebutkan,” Kami yakin dan percaya, bahwa suatu saat nanti minat serta keinginan membaca mereka akan terus meningkat. Mereka bisa membaca sejarah perjuangan, sejarah pahlawan, maupun sejarah para nabi atau ilmu agama,” ujarnya.

Ditambahkan Raja, Kolam Baca bertujuan untuk dijadikan wadah bagi anak-anak, remaja serta para kaum muda dalam lingkaran literasi dan menjadikannya sebagai media guna membangun potensi, yang kelak dapat disalurkan melalui berbagai program kegiatan. (cr2)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional