Close

Silaturahmi dengan Pengurus IKID Bandung, Eka Putra Minta Perantau Dukung Pembangunan

SILATURAHMI—Didampingi Kadis Parpora Abd Hakim, Bupati Eka Putra berdialog dengan perantau Bandung.

TANAHDATAR, METRO–Bupati Tanah Datar Eka Putra, Rabu (12/1) meninjau asrama mahasiswa Tanah Datar Bandung yang terletak di jalan Cisaranteum Kota Bandung.  Selain me­ninjau asrama mahasiswa, Bupati beserta rombongan juga melakukan silaturahmi dengan para pengurus Ikatan Keluarga Tanah Datar (IKTD) Bandung yang dihadiri langsung oleh Ke­tua Harian IKTD Bandung Yakub, Ketua Yayasan Is­tana Pagaruyung Yunardi, Sekretaris Helmi Chaniago, perwakilan nagari-nagari serta pengurus IKTD Bandung lainnya.

Pada kesempatan itu Bupati Eka Putra menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh pengurus IKTD Bandung yang telah menerima kedatangannya bersama rombongan de­ngan sangat baik.

Selanjutnya Bupati Eka Putra juga menyampaikan beberapa program yang telah terlaksana dan yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini, diantara­nya ada program bajak gratis yang rencananya akan di launching pada akhir Januari tahun ini.

“Kenapa harus ada program bajak gratis ? hal ini disebabkan selama ini biaya operasional petani mahal, belum lagi ketika musim panen harga jual hasil tani murah sehinnga para petani kita sering mengalami kerugian. Ini harus ada solusinya, maka dari itu kami buat program ini. Kalau biaya bajak sudah gratis tentu biaya produksi turun dan petani akan men­dapatkan untung,” te­rang Bupati.

Bupati juga terangkan, selain bajak gratis juga ada subsidi pupuk, asuransi ternak, juga asuransi padi. “Karena di kampung sering terjadi angin kencang yang mengakibatkan tanaman padi masyarakat rusak, kalau tanaman padi juga kita asuransikan tentu pe­tani tidak menanggung kerugian lagi, begitu juga dengan ternak mereka,” jelas Eka Putra.

Tidak hanya itu, kepada para pengurus IKTD Bandung Bupati Eka juga menginformasikan bebe­rapa program unggulan lainnya, diantaranya program satu rumah satu ha­fizh dan hafizhah, program satu nagari satu event, juga program Tanah Datar Diujung Jari yang telah dilaunching empat bulan yang lalu.

Di samping menyampaikan beberapa program unggulan, Bupati Eka Putra juga meminta kepada para perantau untuk memberikan dukungannya untuk pembangunan di Kabupa­ten Tanah Datar.

“Salah satu tujuan kunjungan kami ini selain untuk bersilaturahmi juga untuk meminta dukungan da­ri perantau, karena peran perantau sangat penting dalam pembangunan baik secara moril maupun secara ekonomi untuk kabupaten Tanah Datar yang sangat kita cintai ini. Jadi intinya untuk melakukan pembangunan tidak harus mengandalkan anggaran dari pemerintah saja, tetapi melalui dukungan seluruh masyarakat dan juga perantau insyaallah kita bisa berbuat yang terbaik untuk Tanah Datar Luhak nan Tuo,” ungkap Eka Putra.

Terkait dengan permin­taan dan harapan perantau yang disampaikan oleh Ketua Harian IKTD Ban­dung, Eka Putra meminta agar pihak IKTD membuat proposal, karena saat ini pemerintah tidak bisa asal bantu kalau tidak ada da­sarnya.

Sementara Ketua Harian IKTD Bandung Yakub, sebelumnya berharap kehadiran bapak Bupati bersama rombongan bisa mem­bawa berkah bagi seluruh perantau yang tergabung didalam organisasi IKTD Bandung.(ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top