Close

Silaturahmi Bersama Perantau, Benny Paparkan Progres Pembangunan Lansek Manih

PAPARKAN— Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir sampaikan progres pembangunan daerah Lansek Manih kepada para perantau saat Halal Bihalal dan silaturahmi Ikatan Keluarga Besar Kampung Baru (IKBK) se-Nusantara.

SIJUNJUNG, METRO–Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir sampaikan progres pembangunan daerah kepada para perantau saat menghadiri a­cara halal bi halal dan silaturahmi Ikatan Keluarga Besar Kampung Baru (IK­BK) se-Nusantara. Kegiatan halal bihalal yang ke-34 dalam rangka pulang basamo tahun 2022 yang digelar IKBK tersebut juga diikuti dengan serangkaian kegiatan untuk menyemarakkan kampung halaman pada momen lebaran Idul Fitri 1443 H.

Bupati Sijunjung Benny Dwifa menyampaikan, kehadiran bersama Wakil Bupati dan didampingi sejumlah kepala OPD me­rupakan bentuk komitmen dan dukungan  serta apresiasi kepada IKBK dalam rangka berkolaborasi de­ngan perantau untuk mem­bangun Kabupaten Sijunjung.

Benny Dwifa memaparkan program peme­rintah daerah yang sedang dan akan dilaksanakan, diantaranya me­ning­katkan pelayanan admi­nistrasi kependudukan, pe­nandatanganan MoU de­ngan IPB University dalam rangka pengembangan Stiper menjadi UNP de­ngan Program studi Agribisnis Pertanian, khususnya di sektor pendidikan.

Penerapan program bantuan keuangan khusus (BKK) bagi pelajar SLTA/sederajat, pengelolaan konsep pembangunan pa­riwisata melalui Geopark Silokek serta pembangunan skala besar lainnya juga disampaikan dihadapan perantau.

Selaku Bupati Sijunjung, Benny Dwifa meminta dukungan dan kerja­sama para perantau untuk berkolaborasi dengan pemerintah daerah. “Kami tidak akan bisa berjalan sendiri, oleh karena itu diharapkan bantuan dan dukungan dari semua pihak termasuk para perantau untuk kemajuan Kabupaten yang kita cintai ini kedepannya,” harap Benny.

Walinagari Kampung Baru, Jalnibus didampingi Panitia Pelaksana Gusrial mengatakan. “Dalam rang­ka melestarikan tradisi, kita adakan pergelaran kesenian tradisional, jalan santai bersama untuk memupuk kebersamaan, halal bi halal dan makan bajamba bersama. Kemudian pertemuan pe­rantau dengan keluarga kampung halaman serta duduk bersama tokoh ma­syarakat, niniak mamak serta pemerintah dae­rah,” ujar Jalnibus.

Pada momen Hari Ra­ya Idul Fitri 1443 H/2022M tahun ini, keluarga  besar IKBK Desa Kampung Baru yang melaksanakan pulang basamo sebanyak 686 orang dengan menggunakan kendaraan mobil sebanyak 146 buah.

“Mereka yang pulang basamo berasal dari Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat 58 orang, Kalsel 54 orang, Kaltim 58 orang, Kalteng 16 orang, Jabodetabek 38 orang, Bandung 14 orang, Sumsel 17 orang, Jambi 56 orang, Bengkulu 14 orang, Riau 154 orang, Sumut 4 orang, Batam 4 orang dan dari berbagai Kabupaten dan Kota di Sumbar 200 o­rang,” jelasnya.

Pihaknya menyampaikan bahwa, Desa Kampung Baru akan menerapkan program satu rumah satu sarjana serta akan menjadikan Kampung Ba­ru menjadi kampung za­kat. “Untuk itu kami mohon dukungan  dari para perantau nantinya,” harap Jalnibus. (ndo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top