Close

Silaturahmi Bersama Ikrar, Wabup Sampaikan Program Tanah Datar

SILATURAHMI—Wabup Richi saat silaturahmi bersama Ikrar secara online, menyampaikan program unggulan Tanah Datar.

TANAHDATAR, METRO–Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar telah meluncurkan dan melaksanakan berbagai Program Unggulan (Progul) yang kesemuanya bertujuan untuk meningkatkan  kesejahteraan dan kemaslahatan masyarakat Tanah Datar.  “Dari berbagai program yang telah diluncurkan, tentu pak Bupati dan Saya berharap masyarakat secara maksimal meman­faatkannya. Peran perantau juga sangat kami harapkan untuk mendukung agar program itu berjalan dengan baik, karena semua program itu muaranya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Tanah Datar,” kata Wakil Bupati Richi Aprian, Minggu (12/6) saat acara Pengajian dan Silaturahmi secara Online Ikatan Keluarga Rao-rao (Ikrar).

Wabup menghimbau melalui kegiatan silaturahmi yang tidak hanya diikuti perantau, namun juga masyarakat Rao-Rao di kampung halaman untuk se­gera dimanfaat­kan.

“Program Ba­jak Gratis telah me­nganggarkan tahun ini untuk bi­sa menggarap 4.200 lahan sawah dan pertanian ma­syarakat, saat ini baru berjalan 4,10%. Ke­sem­pa­tan menikmati pro­gram bajak gra­tis masih terbuka le­bar, segera daftar­kan melalui briga­de Alsintan di Ke­camatan masing-masing atau bisa juga bertanya ke­pada Pemerintah Nagari,” sam­pai­nya.

Kemudian, tam­bah Richi, juga ada Program Makan Rendang di Tanah Datar, ini bukanlah makan Randang se­benarnya, namun merupakan Program Pem­beran­tasan Rentenir Agar Hilang di Tanah Datar.

“Program ini adalah memberikan pembiayaan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) maksimal Rp10 juta dengan rasio bunga hanya 3% se tahun, itupun para pelaku UMKM tidak perlu memberikan jaminan, namun cukup me­lampirkan syarat yang ditetapkan, seperti KTP sampai Surat Keterangan Usahanya dari Wali Nagari,” terangnya.

Selanjutnya ada Program Satu Rumah Satu Hafiz/Hafizah dengan harapan 15 sampai 20 tahun ke depan masyarakat Tanah Datar sebagiannya adalah para penghafal Al Qur’an. Kemudian juga ada Satu Nagari Satu Event, yang tahun ini telah dicanangkan 15 Nagari di 14 Kecamatan untuk melaksanakannya. Ini potensi untuk menggaet wisatawan, melestarikan budaya dan juga menggerakkan UMKM serta perekonomian masyarakat setempat.

“Terima kasih atas kesempatan Saya selaku Wabup yang juga putra Rao-Rao menyampaikan berbagai Program Pemerintah Daerah. Kemudian atas nama Pemerintah maupun pribadi kami menyam­paikan apresiasi terhadap kegiatan pengajian dan silaturahmi secara online ini. Semoga Ikrar semakin jaya dan kompak selalu di masa datang,” tukasnya.

Sementara Ketua Umum Ikrar H. Syaiful Zein mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan hubungan silaturahmi diantara warga Ikrar.  “Pengajian dan silaturahmi Online ini baru pertama kali dilaksanakan, alhamdulillah mendapat respon cukup baik, terbukti cukup banyak hadir tokoh-tokoh dan warga Ikrar dari pelosok Indonesia dan bahkan dari Malaysia,” sampainya. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top