Menu

Sijunjung Diselimuti Kabut Asap, Penyakit ISPA Mengancam

  Dibaca : 129 kali
Sijunjung Diselimuti Kabut Asap, Penyakit ISPA Mengancam
BAGIKAN—-Petugas dari Dinas Kesehatan dan BPBD Kabupaten Sijunjung membagi-bagikan masker untuk antisipasi ISPA. (endo/posmetro)

SIJUNJUNG, METRO – Semenjak beberapa hari terakhir kabut asap kiriman mulai menyelimuti Kabupaten Sijunjung. Tebalnya kabut asap membuat jarak pandang efektif hanya berkisar 500 meter, serta dikhawatirkan akan berdampak kepada kesehatan masyarakat.

Untuk mengantisipasi munculnya pengidap Inpeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) akibat kabut asap BPBD dan Dinas Kesehatan membagikan masker kepada masyarakat.

Pembagian masker secara gratis kepada pengendara dan masyarakat itu dilakukan di simpang Tugu Muaro, Sijunjung oleh petugas dari BPBD dan Dinas Kesehatan. Sebagai salah satu upaya untuk pencegahan adanya gangguan kesehatan yang ditimbulkan dari kabut asap yang sudah melanda hampir sepekan terakhir.

Pembagian itu berlangsung di dua tempat yakni kawasan Simpang Tanah Badantuang serta di Simpang Tugu Muaro Sijunjung, Jumat (13/9). Kepala BPBD Sijunjung, Hardiwan melalui Kasi Kedaruratan dan Logistik, Arif Budiman menjelaskan, masker yang dibagikan sebanyak 2.100 buah, yang mana BPBD membagikan sebanyak 1.600 masker, sedangkan dari Dinas Kesehatan sebanyak 500 masker.

“Masker yang dibagikan merupakan bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pusat, kemudian ada juga yang dari dinas kesehatan. Masker dibagikan secara gratis kepada masyarakat dan pengendara,” jelas Arif Budiman.

“Kami akan melakukan penambahan masker lagi ke provinsi dan bisa juga beli sendiri dari anggaran APBD jika kondisi kabut asap ini masih berlanjut,” ungkap Arif Budiman.

Pihaknya mengimbau agar masyarakat mengurangi aktifitas di luar rumah untuk mencegah dampak dari kabut asap.

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar mengurangi aktivitas di luar ruangan selama kondisi kualitas udara yang terus menurun akibat terpapar kabut asap. Usahakan memakai masker jika beraktifitas diluar ruangan,” ujar Arif Budiman. (ndo)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional