Menu

Sidang Paripurna Istimewa HJK Sijunjung ke-70, Sinergisitas DPRD Sijunjung dan Pemerintah Daerah Diapresiasi

  Dibaca : 509 kali
Sidang Paripurna Istimewa HJK Sijunjung ke-70, Sinergisitas DPRD Sijunjung dan Pemerintah Daerah Diapresiasi
GUBERNUR Sumatera Barat Irwan Paryitno, Tokoh Nasional Prof.H. Syafi’i Ma’arif, Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrijal, Kajati Sumbar didampingi Bupati Sijunjung Yuswir Arifin dan Wakil Bupati Sijunjung Arrival Boy serta Ketua DPRD Yusnidarti, saat tiba di gedung DPRD Sijunjung.

DPRD bersama Pemerintah Daeraeh Kabupaten Sijunjung sukses menggelar sidang paripurna istimewa yang merupakan puncak kegiatan perayaan Hari Jadi Kabupaten (HJK) ke-70. Acara yang berlangsung khidmat dan meriah itu, dihadiri sejumlah tokoh, pejabat dan tamu istimewa.

Dalam kegiatan itu, pemerintah dan DPRD telah menunjukan salah satu bukti sinergisitas yang baik yang terjalin dari kedua lembaga. Acara tersebut juga dihadiri sejumlah tokoh dan pejabat teras atas, mulai dari Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Kapolda Irjen. Pol Fakhrizal, tokoh nasional Buya Syafi’i Ma’arif, Bupati dan sejumlah kepala daerah.

Turut hadir mantan Kepala Bappenas Andrinof Chaniago, Alex Indra Lukman dari DPR RI, Dr. Sanusi Sesitjen Kemendikbud, Asmul Khairi Perantau Jakarta, Heri Sucipto Timsus Kapolri, Dr. Helmy Panuh dan tim dari PMT Hamka, Defy Indiyanto B. Komisaris PJB, Raja Asdi CEO Majalah Agraria/Pegiat Film dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Sebelum sidang dimulai, Gubernur Irwan Prayitno dan Bupati Sijunjung melakukan pelepasan rombongan roadshow mobil unit penerangan KB dan mobil Perpustakaan Keliling yang diikuti 16 Kabupaten/Kota se-Sumbar.

Sidang paripurna istimewa dipimpin Ketua DPRD Yusnidarti didampingi Gubernur Irwan Prayitno, Bupati Sijunjung Yuswir Arifin, Wakil Bupati Arrival Boy, Wakil Ketua DPRD Nursidin Djamil dan Walbardi, Sekretaris Dewan (Sekwan) Jhon Kenedi S.Sos.

Ketua DPRD, Yusnidarti mengucapkan terimakasih atas kehadiran seluruh undangan, serta kepada semua pihak yang telah bersama-sama untuk acara tersebut berjalan sukses dan lancar.

“Selamat datang kami ucapkan kepada seluruh undangan yang hadir dalam acara ini. Rapat istimewa ini merupakan puncak peringatan HJK ke-70, yang merupakan rangkaian dari agenda Festival Lansek Manih II. Serta kepada seluruh pihak yang telah berperan dan bekerja keras agar rangkaian kegiatan hari jadi kabupaten tahun ini berjalan dengan sukses dan lancar,” tutur Ketua DPRD Sijunjung, Yusnidarti.

Yusnidarti menyebut, di usia kabupaten Ke-70, Sijunjung sudah banyak mengalami perubahan dalam pembangunannya, namun masih banyak hal yang harus diselesaikan serta terus melakukan pembenahan agar masyarakat di setiap sudut daerah Sijunjung mampu merasakan pembangunan yang adil, merata serta berkelanjutan.

“Kemajuan pembangunan sumber daya manusia dan pembangunan daerah yang diiringi dengan kemakmuran masyarakat juga sangatlah penting untuk diwujudkan. Harapan tersebut akan dicapai jika DPRD dan pemerintah daerah bahu membahu, bersatu padu dalam membangun kabupaten yang kita cintai ini dengan melibatkan seluruh unsur dan seluruh pihak,” ungkapnya.

Yusnidarti juga menuturkan bahwa kerja nyata dan kerja keras harus terus dilakukan untuk membangun Kabupaten Sijunjung, dan hal tersebut bukanlah menjadi tujuan semata, akan tetapi benar-benar dapat diwujudkan atau diimplementasikan secara nyata dan dapat dinikmati oleh seluruh komponen masyarakat Kabupaten Sijunjung.

“Dengan momen HJK Sijunjung ke-70 ini, diharap semua elemen dapat melakukan instropeksi diri dan mawas diri serta evaluasi mengenai sudah sejauh mana pencapaian pembangunan dan partisipasi masyarakat dalam ikut serta melakukan pembangunan. Kami pun memberikan apresiasi untuk penghargaan di bidang pembangunan pemerintah dan kemasyarakatan yang telah sama-sama kita lakukan saat ini,” ujarnya.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyampaikan apresiasi atas kemajuan dan pembangunan yang telah dilakukan di Kabupaten Sijunjung melalui pantun-pantun yang dituturkan sebagai ciri khas Irwan Prayitno. Apresiasi itu ditujukan kepada seluruh pihakyang telah berupaya keras membangun daerah serta bersinergi antara lembaga eksekutif, legislatif dan yudikatif sehingga terciptanya pembangunan yang berkesinambungan di daerah.

Selain itu, Pemprov selalu siap membantu pemerintah daerah dalam memajukan Kabupaten Sijunjung. ”

Karena kemajuan Sumbar juga terletak pada kemajuan yang diraih oleh kabupaten Sijunjung. Untuk itu, pemerintah provinsi siap membantu untuk menjalankan program yang telah direncanakan dalam meningkatkan pembangunan daerah.  Untuk mempercepat proses kemajuan, kami juga berharap seluruh unsur pimpinan daerah harus selalu bersatu dan menyatu dalam satu misi, satu visi dalam pembangunan bersama. Selain itu, para perantau yang jugaberperan dan turut serta dalam membangun daerah,” ucapnya.

Bupati Sijunjung Yuswir Arifin menyampaikan, HJK Sijunjung ke-70 ini dijadikan momen untuk mengevaluasi agenda yang dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya. Bupati juga memaparkan kegiatan pembangunan yang telah dan yang akan dilakukan oleh pemerintah daerah ke depan.

“Setelah ditetapkan sebagai Geopark Nasional, Pemkab Sijunjung berkomitmen melakukan percepatan pengembangan kawasan Geopark Silokek,” terang Bupati.

“Kami berharap peringatan hari jadi Kabupaten Sijunjung menjadi momentum untuk melakukan perubahan, bukan saja demi kepentingan diri pribadi, keluarga, dan masyarakat, tetapi juga bagi nilai-nilai kemanusiaan dalam ruang lingkup yang lebih luas dan menjadi titik tolak lahirnya budaya perubahan. Sijunjung telah berupaya keras menjadi sebuah daerah yang berkembang dan maju. Semua hasil dari pencapaian tersebut tidak terlepas dari peran serta juga kerjasama seluruh pihak, baik pemerintah daerah, DPRD serta seluruh unsur yang dalam masyarakat,” harap Bupati Yuswir Arifin. (**)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional