SUDIRMAN, METRO–Pimpinan Ombudsman Republik Indonesia Pusat, Jemsly Hutabarat, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke kantor Dinas Pencatatan Penduduk Sipil (Disdukcapil) Kota Padang, Kamis (26/10) siang.
Jemsly Hutabarat yang didampingi Kepala Ombudsman Perwakilan Sumbar, Yefri Heriani, soroti fasilitas pelayanan publik di Disdukcapil Kota Padang, yang dinilai kekurangan Air Conditioning (AC) yang dapat membuat ketidaknyamanan masyarakat dalam mengurus persoalan kependudukan.
“Saya melihat orang-orang di sini pada berkeringat, ruangan sebesarnya ini dengan AC seperti ini, saya pikir perlu ditambah,” kata Jemsly Hutabarat, kepada wartawan.
Di menegaskan, prasarana AC yang ada di kantor Disdukcapil sudah tidak layak, dan perlu ada penambahan sehingga dapat meningkatkan kenyamanan masyarakat.
Selanjutnya, dia juga mengatakan bahwa untuk masyarakat yang menyandang disabilitas seharusnya diberikan pelayanan khusus, agar lebih memudahkan dalam mengurus keperluannya.
“Mengenai stok blangko KTP, tahun ini alhamdulillah lancar, namun tahun sebelumnya sempat ada kekosongan, hingga dua minggu. Kami dari Ombudsman minta Pemerintah Provinsi juga jeli untuk memberikan respon,” katanya.