Close

Siapkan Tenaker Terampil dan Profesional, Pemkab Agam Gandeng BP2MI

Pemkab Agam menggandeng Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), dalam menempatkan dan beri perlindungan bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI).

AGAM, METRO–Pemkab Agam menggandeng Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2­MI), dalam menempatkan dan beri perlindungan bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI). Hal ini ditandai dengan pe­nandatangan nota kesepakatan yang dilakukan Bupati Agam Andri Warman bersama Kepala BP2MI, Benny Rhamdani di aula BP2MI Ja­karta Selatan, Rabu (8/12).

Bupati Agam Andri Warman mengatakan, pihaknya menggandeng BP2MI ini bukti keseriusan pemerintah untuk memberikan perlindungan bagi PMI, sebagaimana yang diamanatkan dalam UU No.18/2017. “Untuk itu kita akan berupaya menyiapkan tenaga kerja yang terampil dan profesional, agar mereka mendapatkan peluang kerja di luar negeri. Tentu ini juga bisa menekan angka pengangguran di Agam,” ujar Andri.

Upaya dilakukan sesuai kerjasama yang telah disepakati seperti, pelaksanaan pendidikan, pelatihan keteram­pilan, fasilitasi penempatan dan perlindungan, sosialisasi dan koordinasi.

Tidak hanya itu, Pemkab Agam juga bersinergi dengan BP2MI dalam pemberantasan sindikasi penempatan ilegal pekerja migran Indonesia. “Menyambut kerjasama ini, di 2022 kita mengalokasikan anggaran untuk pelaksanaan sosialisasi penempatan dan perlindungan PMI ini, serta pe­latihan bahasa Jepang,” sebut bupati.

Penandatanganan nota kesepakatan ini, dilakukan bersamaan dengan beberapa kabupaten kota lain di Indonesia. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top