Menu

Siapkan Tenaga Pengamanan Profesional, PT Cahaya Citra Mulia Gelar Pendidikan Dasar Satpam

  Dibaca : 270 kali
Siapkan Tenaga Pengamanan Profesional, PT Cahaya Citra Mulia Gelar Pendidikan Dasar Satpam
H. Marlis Rasyad, Direktur PT. Cahaya Citra Mulia bersama Kompol Sulasmi, mewakili Dirbinmas Polda Sumbar dan peserta Pendidikan Dasar Satpam.

Pendidikan Dasar Satuan Pengamanan (Satpam) GADA PRATAMA baru saja dibuka oleh PT. Cahaya Citra Mulia, Senin (30/11) di New Rasaki Hotel. Pendidikan Gelombang I Tahun 2020 Angkatan ke-26 ini, dibuka langsung oleh Dir Binmas Polda Sumbar diwakili oleh Kompol Sulasmi.

Pembukaan pendidikan dasar menerapkan protokol kesehatan Covid-19, berupa 3 M (mencuci tangan pakai sabun, memakai masker, menjaga jarak). Direktur Utama PT. Cahaya Citra Mulia, H. Marlis Rasyad mengatakan, melalui pendidikan ini, pihaknya menyiapkan kemampuan dan keterampilan Satpam yang professional.

“Kami menyiapkan tenaga jasa Satpam yang andal yang siap ditempatkan pada banyak perusahaan dan siap pakai dalam bidang jasa pengamanan,” terangnya.

Pendidikan Satpam ini sangat penting untuk memupuk tanggung jawab terhadap pekerjaan yang diemban. Yaitu, keamanan perusahaan tempatnya bekerja.

Sementara, Kompol Sulasmi mengatakan, Pendidikan Dasar Satpam sesuai dengan PERKAP No 24 Tahun 2007 tentang Satpam, Pedoman Tata Cara Sertifikasi, Penerapan Sistem Manajemen dan Pasukan Pengamanan Masyarakat Swakarsa.

Pengamanan swakarsa dibentuk karena kewenangan kepolisian terbatas dalam “lingkungan kuasa tempat” (teritoir gebied/ruimte gebied). Meliputi lingkungan pemukiman, lingkungan kerja, lingkungan pendidikan.

“Satpam adalah satuan atau kelompok petugas yang dibentuk oleh instansi/badan usaha, untuk pengamanan dalam rangka menyelenggarakan keamanan swakarsa di lingkungan kerja,” terangnya.

Dalam pelaksanaan tugasnya sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas, Satpam berperan sebagai unsur pembantu pimpinan organisasi, perusahaan dan/atau instansi/ lembaga pemerintah.

Pengguna Satpam di bidang pembinaan keamanan dan ketertiban lingkungan/tempat kerjanya ,sebagai unsur pembantu Polri dalam pembinaan keamanan dan ketertiban masyarakat. Selain itu juga penegakan peraturan perundang-undangan, serta menumbuhkan kesadaran dan kewaspadaan keamanan di lingkungan/tempat kerjanya.(**)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional