Menu

Siapkan Lahan 1 Hektare untuk Demplot Padi

  Dibaca : 106 kali
Siapkan Lahan 1 Hektare untuk Demplot Padi

PADANGPARIAMAN, METRO – Dinas Pertanian dan Perkebunan Padangpariaman, kemarin, bersama dengan Balai Mekanisasi Pertanian Dinas Pertanian Propinsi Sumatera Barat menyiapkan areal tanaman untuk demplot tanaman padi di Kelompok Tani Saiyo, Nagari Buayan, Kecamatan Lubukalung.

“Luas tanah yang kita sekarang seluas lebih kurang 1 hektar. Nanti lokasi tanah yang kita siapkan tersebut akan dibuat sebagai demplot percontohan tanaman padi,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Padangpariaman Yurisman, kemarin.

Katanya, demplot tersebut dipergunakan sebagai tempat belajar para petani di Kabupaten Padangpariman dalam menerapkan teknologi penanaman dengan menggunakan mesin tanam ricetransplanter.

“Dengan teknologi ini dapat mempermudah, mempercepat dan memurahkan biaya produksi oleh petani. Kita perlu melakukan hal demikian agar Padangpariaman terus srplus beras setiap tahunnya,” ungkapnya.

Dikatakan, lokasi ini disiapkan juga untuk mempersiapkan areal kunjungan dalam Penas Tani tahun 2020 nanti di Propinsi Sumatera Barat. Sebab, Kabupaten Padangpariaman adalah salah satu tempat kunjungan bagi peserta Penas tani tahun 2020.

Terpisah, Bupati Padangpariaman H Ali Mukhni menyatakan sangat mendukung penyiapan demplot tersebut, karena berguna untuk kemajuan para petani sawah dalam Kabupaten Padangpariaman.

Apalagi lokasi akan lanjutnya, dijadikan tempat belajar para petani sawah dalam Kabupaten Padangpariaman.

“Kita meminta kepada OPD terkait untuk serius dalma menata lahan persawahan masyarakat dengan baik agar hasil panen petani meningkat,” tambahnya.(efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional