Menu

Siap Melahirkan Langsung Bawa Pulang Akta Anak

  Dibaca : 238 kali
Siap Melahirkan Langsung Bawa Pulang Akta Anak
FOTO BERSAMA—Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padangpariaman Muhammad Fadhly foto bersama jajaran (efa nurza/posmetro)

PDGPARIAMAN, METRO – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padangpariaman Muhammad Fadhly menyatakan saat ini dinasnya telah memiliki dua gerai di RSUD Padangpariaman dan Pariaman.

“Di dua gerai tersebut bagi ibu-ibu yang siap melahirkan bisa membawa akta kelahiran anaknya pulang sejalan dengan kepulanganya dari rumah sakit tersebut,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Padangpariaman Muhammad Fadhly, kemarin.

Jadi katanya, sekarang ia memberikan presentasi pada pelatihan staf Puskesmas Sintuak, Kabupaten Padangpariaman. Pelatihan ini ditujukan untuk mengingkatkan kualitas pelayanan puskesmas serta melengkapi akreditasi puskesmas ini yang akan dievaluasi pada tahun 2020.

“Saat ini sebanyak 40 orang staf puskesmas mengikuti pelatihan ini. Artinya, Dinasnya dengan Dinas Kesehatan Padangpariaman harus sejalan dalam melakukan pendataan masyarakat agar jelas keluar masuknya,” ujarnya.

Bahkan katanya, pencatatan jumlah penduduk dimulai dari ibu hamil hari pertama aid. Sehingga ke depan diketahui jumlah penduduk yang meninggal dan lahirnya dari Kabupaten Padangpariaman.

“Karena itulah kita meminta kepada semua bidan desa telah mampu melakukan pendataan dengan melakukan aplikasi kepada semua ibu-ibu yang mulai hamil dalam wilayah kerjanya masing-masing untuk pendataan jumlah penduduk,” tandasnya.

Sebelumnya, Muhammad Fadhly juga menerima kunjungan Tim Dit Kesga Kemenkes RI dan Dinkes Provinsi Sumatera Barat dalam program pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat dan Pencatatan Kelahiran dan Kematian berbasis aplikasi menggunakan data kependudukan (NIK) sebagai Single Identity Number.

“Program ini kita harapkan menghasilkan data yang akurat, berguna untuk pengambilan kebijakan bagi kepala daerah, provinsi dan nasional,” ungkapnya.

Sebelumnya, Pimpinan puskesmas Sintuak Drg Fidia menyampaikan harapannya tentang peningkatan pelayanan kesehatan di puskesmas. Kondisi saat ini, puskesmas Sintuak adalah puskesmas yang melaksanakan akreditasi pada tahun 2020 dengan status yang akan ditingkatkan.

Puskesmas dengan 60 orang staf ini telah melaksanakan standar pelayanan yang prima, tetapi masih perlu meningkatkan kualitas pelayanan melalui inovasi-inovasi kekinian diluar kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan.

“Untuk itulah kami mengundang Bapak Kadisdukcapil, agar kita bisa mendapatkan sharing ilmu untuk inovasi-inovasi dibidang pelayanan kesehatan di Puskesmas,” tambah Fidia mengakhiri.(efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

IKLAN

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional