Close

Si Raja Copet Pasar Raya Padang Ditembak

COPET DITANGKAP— Dedi Suprianto (27) yang merupakan “Raja Copet” ditembak Tim Klewang Polresta Padang.

PADANG, METRO–Pria pengangguran yang disebut-sebut sebagai “Raja Copet” dan kerap  di kawasan bundaran Air Mancur Pasar Raya Padang akhirnya di­ring­kus Tim Klewang da­ri Satreskrim Polresta Padang. Tak tang­gung-tanggung, si Raja Co­pet ini sudah me­lakukan aksi­nya lebih dari 20 kali.

Hanya saja, setelah dila­ku­kan penangka­pan, Raja Co­pet bernama Dedi Suprianto (27) ini ter­pak­sa dihadiahi ti­mah panas pa­da kaki kirinya lantaran beru­sa­ha melarikan diri saat dibawa untuk men­cari barang bukti. Tak ingin buruannya itu lepas begitu saja, pe­tugas pun terpaksa me­ngambil tindakan tegas terukur untuk melum­puh­kan pelaku.

Dari penangkapan pela­ku, petugas berhasil me­ngamankan satu unit hand­phone (Hp) hasil kejahatan yang dilakukan oleh pelaku di kawasan Air Mancur Pasar Raya Padang sehari sebelum ditangkap.

“Tersangka berhasil diamankan oleh tim Kle­wang pada hari Senin (24/5) atas aksinya yang dila­kukan pada hari Minggu (23/5),” ujar Kasatreskrim Polresta Padang Kompol Rico Fernanda, Rabu (26/5).

Dikatakan oleh Rico, dalam menjalankan aksi­nya, tersangka meman­faatkan kemacetan di ka­wasan tersebut dan selalu mengintai korbannya yang sedang menyandang tas dibagian punggungnya.

“Tersangka ini beraksi ketika korban berbonce­ngan di sepeda motor, dia memanfaatkan arus lalu lintas yang macet di lokasi kejadian kemudian mem­buka tas dan mengambil HP dan  selanjutnya kabur. Ke­mudian tidak jauh dari TKP kemudian korban me­nya­dari bahwa tasnya telah terbuka dan dilihat HP su­dah tidak ada,”terang Rico.

Disebutkan Rico, ter­sangka ini memang dikenal sebagai copet yang kerap be­raksi di kawasan Pasar Ra­ya Padang. Kepada petu­gas, tersangka mengaku su­dah beraksi lebih dari 20 TKP.

“Sepanjang 2021 ini saja sudah 9 kali beraksi dan beberapa kali di tahun 2020. Dari pengakuannya sudah 20 kali beraksi yang kebanyakan dilakukan di ka­wasan air mancur Pasar Raya, dan beberapa kali di kawasan Simpang Mulya Pasar Raya,”ungkap Rico.

Pada saat dilakukannya pengembangan, tersangka melakukan perlawanan kepada petugas dan be­rupaya melarikan diri, namun pada akhirnya ter­sangka berhasil diaman­kan oleh Tim Klewang Pol­resta Padang.

“Selanjutnya pelaku dan barang bukti dibawa ke Polresta Padang untuk pemeriksaan lebih lanjut. Saat ini tersangka telah mendekam di sel tahanan untuk mempertang­gung­jawabkan perbuatannya,” tutupnya. (rom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top