Menu

Si Jago Merah Ngamuk di Luki, Rumah Semi Permanen Ludes

  Dibaca : 105 kali
Si Jago Merah Ngamuk di Luki, Rumah Semi Permanen Ludes
KEBAKARAN— Petugas Damkar melakukan pemadaman terhadap rumah semi permanen yang mengalami kebakaran.

PADANG, METRO
Satu unit rumah semi permanen di RT03, RW01, Kelurahan Batu Gadang, Kecamatan Lubuk Kilangan (Luki) ludes dilahap si jago merah, Senin (19/4) sekitar pukul 11.15 WIB. Untungnya, musibah itu tidak menimbulkan korban jiwa.

Kabid Operasional Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) kota Padang, Basril mengatakan, rumah semi permanen yang terbakar tersebut dihuni oleh satu Kepala Keluarga (KK) yang terdiri dari tujuh jiwa.

“Kami dapatkan laporan dari masyarakat terkait adanya kebakaran di Kelurahan Batu Gadang. Setelah mendapat laporan, kami langsung menuju lokasi kebakaran untuk proses pemadaman,” ujarnya.

Diakatakan Basril, api menghanguskan seluruh bagian dan isi rumah karena material bangunan yang mudah terbakar. Beruntung api berhasil segera dipadamkan karena bangunan yang terbakar berdekatan dengan silo atau tempat penyimpanan semen.

“Pada saat kebakaran, penghuni rumah tidak sedang berada di dalam rumah. Nah, masyarakat sempat panik karena rumah yang terbakar berdekatan dengan silo semen, namun beruntung api tidak menyebar,” kata Basril.

Basril mengakui, dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa maupun luka. Selain itu, dalam proses pemadaman api, pihaknya mengerahkan sebanyak empat unit armada pemadam kebakaran. Proses pemadaman juga dibantu oleh tim pemadaman dari PT Semen Padang.

“Dalam proses pemadaman pihaknya tidak menemukan kendala yang berarti. Proses pemadaman sampai pendinginan berlangsung sekitar 30 menit,” jelasnya.

Lebih lanjut Basril menyampaikan, selain menghanguskan rumah, api juga membakar satu unit sepeda motor yang berada di dalam rumah. Kemudian, untuk kronologi dan kerugian materil, pihaknya menyerahkan hal tersebut kepada pihak kepolisian.

“Dalam kondisi cuaca panas saat ini, kita mengimbau kepada masyarakat Kota Padang untuk menghindari membakar sampah atau apapun yang berdekatan dengan rumah atau barang yang mudah terbakar. Selain itu ketika hendak meninggalkan rumah, harus perhatikan sambungan kabel atau listrik di rumah. Jadi pada saat keluar rumah, perhatikan semua barang-barang elektronik yang terhubung dengan arus listrik dan dapat memicu terjadinya kebakaran,” ujarnya. (rom)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional