Close

Si Jago Merah Amuk Tujuh Petak Ruko di Nagari Ampang Gadang, Kerugian Capai Miliaran Rupiah

JADI ARANG— Tujuh petak ruko ludes menjadi arang setelah dilalap sijago merah di Nagari Ampang Gadang, Kabupaten Agam.

AGAM, METRO–Sebanyak tujuh petak rumah toko (Ruko) habis terbakar di Nagari Ampang Gadang, Kabupaten Agam sehingga mengakibatkan kerugian yang cu­kup besar dengan capai­an miliaran rupiah. “Ada tujuh toko yang terbakar, kerugian mencapai Rp1,5 miliar, tiga armada Dam­kar Kabupaten Agam terjun ke lokasi dibantu dari Bukittinggi, Payakumbuh dan Lima Puluh Kota,” kata anggota Damkar A­gam Alex di Bukittinggi, Rabu kemarin.

Dikatakan, pertokoan yang berada di pinggir jalan lintas Bukittinggi-Payakumbuh itu membuat war­ga di Jorong Parit Putus, Ampang Gadang itu buncah ke lokasi dan berusaha membantu pemadaman meski semua ba­ngu­nan akhirnya rata de­ngan tanah.

Ia mengatakan tidak banyak barang milik korban kebakaran yang bisa diselamatkan karena api cepat berkobar dan memakan bahan bangunan yang sebagian berupa kayu dan papan. “Ke-tujuh toko ini adalah toko tas dan usaha jahitan, usaha pe­ras santan, kedai bakso, usaha kaca film, usaha jok kursi, kedai nasi goreng dan holding gate,” kata Alex.

Api diperkirakan berasal dari salah satu ruko yang belum diketahui pe­nyebab pasti pemicunya. Wali Nagari Ampang Ga­dang, Rifki Syaiful mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian kebakaran yang masih menjadi pusat perhatian warga yang melintas di jalan lintas penghubung Sumbar-Riau itu.

“Tidak ada korban jiwa, pemilik ruko Desi Eka Putri, suku Pili, seluruh anak Nagari Ampang Gadang turut berduka apalagi a­kan berlebaran sesaat lagi, Insya Allah kami akan mencoba meminta bantuan dan perhatian serius dari Pemkab,” kata Rifki.

Ia menambahkan imbauan agar seluruh warga tetap waspada akan kejadian kebakaran dan musibah lainnya yang bi­sa kapan saja terjadi. “Mari kita berlindung pada Allah dan tetap berusaha menjaga diri dan keluarga serta kampung dari kejadian yang tidak diinginkan, pastikan kea­manan tempat tinggal,” kata Rifki. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top