Menu

Shin Tae-Yong Klarifikasi Soal jadi Komentator Olimpiade

  Dibaca : 125 kali
Shin Tae-Yong Klarifikasi Soal jadi Komentator Olimpiade
PELATIH Shin Tae-yong meluruskan kabar dirinya menjadi komentator untuk Timnas Korea Selatan di Olimpiade Tokyo 2020.

SEOUL, METRO–Shin Tae-yong melurus­kan kabar dirinya menjadi komentator untuk Timnas Korea Selatan di Olim­piade Tokyo 2020. Pelatih Timnas Indonesia itu me­ngaku bertugas sebagai analis melalui tulisan.

Sebelumnya, Shin Tae-yong disebut-sebut mene­rima job sebagai komen­tator untuk cabang ola­h­raga (Cabor) sepak bola khusus Timnas Korea Se­latan di Olimpiade Tokyo.

Dalam artikelnya pada 13 Juli 2021, Joins mengu­mumkan sebelas pakar yang akan menjadi analis di media Korea Selatan itu untuk Olimpiade Tokyo, termasuk Shin Tae-yong. Kesibukan Shin Tae-yong ini juga dikaitkan dengan terus mundurnya jadwal kepulangannya ke Indonesia.

Shin Tae-yong telah berada di Korea Selatan sejak 24 Juni 2021. PSSI memintanya kembali pada 24 Juli 2021. Namun, arsitek berusia 52 tahun itu baru bisa pergi pada 9 Agustus 2021.Padahal, pemusatan latihan Timnas Indonesia untuk babak Play-off Kua­lifikasi Piala Asia 2023 akan dimulai pada 1 Agustus 2021.

Kepada Hankook Ilbo pada Minggu (25/7), Shin Tae-yong mengklarifikasi bahwa keterlibatannya un­tuk Joins (portal milik satu di antara grup media rak­sasa Korea, Joong Ang Ilbo), di Olimpiade Tokyo salah dipersepsikan ba­nyak pihak.

Sekjen PSSI, Yunus Nu­si bahkan sampai meminta Shin Tae-yong untuk mem­prioritaskan Timnas Indonesia, alih-alih menjadi komentator di Olimpiade Tokyo.

“Saya menulis ulasan sebagai penonton, bukan mengomentari permainan. Jadi saya menjelaskannya kepada PSSI dan meminta pengertian mereka,” kata Shin Tae-yong dinukil dari Hankook Ilbo.

Kesimpulannya, Shin Tae-yong bertugas sebagai pandit untuk Timnas Korea Selatan di Joins, bukan komentator yang identik tampil di televisi. Pada 19 Juli 2021, Joins merilis ar­tikel analisis Shin Tae-yong untuk Timnas Korea Sela­tan sebelum berkancah di Olimpiade Tokyo.

Artikel itu membahas pengalaman Shin Tae-yong melatih Timnas Korea Se­latan di Olimpiade Rio de Janeiro 2016 dan polemik pemanggilan Kim Min-jae karena tidak dilepas oleh klub China, Beijing Guoan.

Shin Tae-yong juga men­jelaskan penyebab lamanya ia pulang kampung ke Korea Selatan. Arsitek ke­lahiran 26 Mei 1969 itu masih menunggu vaksinasi dosis kedua pada sebelum kembali ke Indonesia. “Se­telah menerima vaksinasi dosis kedua, saya akan kembali ke Indonesia pada 9 Agustus 2021,” imbuh Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia a­kan memulai pemusatan lati­han pada awal bulan depan tanpa Shin Tae-yong. Na­mun, PSSI me­mastikan bahwa jebolan Piala Dunia 2018 itu akan tetap me­mantau kegiatan dari kam­pung halaman­nya. (*/boy)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional