Close

Shin Tae-yong Inginkan 4 Pemain Keturunan Dinaturalisasi

Shin Tae-yong.

JAKARTA, METRO–Timnas Indonesia berpeluang diperkuat sejumlah pemain naturalisasi maupun keturunan yang sedang berkarier di luar negeri saat menghadapi Piala AFF 2020 mendatang. Hal itu tidak terlepas dari keinginan pelatih Shin Tae-yong untuk menambah kekuatan Timnas Indonesia. Belum lama ini, Shin Tae-yong mengajukan empat pemain keturunan yang berkarier di luar ne­geri untuk dinaturalisasi. Ada nama Sandy Walsh, Jordi Amat, dan dua pemain lainnya yang nama­nya tidak disebutkan kepada Ketua PSSI, Mochamad Iriawan.

“Mereka sudah punya darah Indonesia. Saya su­dah mengajukan ke Pak Iriawan. Pak Iriawan berusaha akan membantu,” terang Shin Tae-yong pada pelepasan Timnas Indonesia ke Turki, Kamis (11/11).

Shin Tae-yong sebenarnya menginginkan le­bih dari empat pemain keturunan dari Eropa untuk dinaturalisasi demi Timnas Indonesia. Namun, pria berusia 42 tahun itu fokus dengan daftar yang ada lebih dulu. “Kalau ada empat pemain itu di Timnas Indonesia, pasti timnas akan lebih kuat di Asia Tenggara,” jelas arsitek asal Korea Selatan tersebut.

Sebuah dokumen ter­geletak di atas meja pe­ngurus PSSI ketika pelepasan Timnas Indonesia ke Turki. Dokumen itu tertulis biodata dua pemain keturunan Indonesia yaitu Jordi Amat dan Sandy Walsh. Nama Mees Hilgers dan Kevin Diks juga memiliki kans untuk dipanggil memperkuat tim Merah-putih.

Cukup menarik apabila keempat pemain yang diinginkan Shin Tae-yong benar datang dan memper­kuat Timnas Indonesia. Terutama akan menjadikan persaingan tersendiri de­ngan para pemain yang sudah di tim.

Bek kanan klub Belgia, KV Mechelen Sandy Walsh ingin membela Timnas Indonesia karena darah dari kakeknya yang lahir di Indonesia. Keinginan Sandy Walsh berseragam Timnas Indonesia bisa segera men­jadi kenyaatan.

 Jordi Amat bermain untuk Eupen, tim kontestan Belgian First Division A atau kasta teratas dari Liga Belgia. Jordi Amat membela Eupen sejak 2020 setelah pindah dari Rayo Vallecano.

Pemain 29 tahun tersebut cukup banyak memiliki pengalaman, terutama da­lam kariernya di Spanyol. Tercatata sebanyak 123 kali beraksi di La Liga bersama Rayo Vallecano, Espanyol dan Real Betis.

Mees Hilgers bisa menambah daftar pemain keturunan yang mungkin dipanggil Shin Tae-yong. Pemain yang berusia 20 tahun ini memang punya darah Indonesia. Dia me­ngaku ibunya adalah orang asli Indonesia yaitu berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Hilgers merupakan kelahiran kota Amersfoort, Belanda, 13 Mei 2001.

 Kevin Diks sudah lama masuk dalam radar pelatih Shin Tae-yong. Pemain keturunan Indonesia-Belanda itu merupakan se­orang bek dengan pengalaman segudang di daratan Eropa. Kevin Diks lahir di Apeldoorn, Belanda, 6 Oktober 1996. Darah Ma­luku, Indonesia, mengalir di dalam tubuhnya yang berasal dari kakek dan neneknya. (*/boy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top