Menu

Shin Tae-yong Dari Sisi Mental Cocok Latih Timnas

  Dibaca : 353 kali
Shin Tae-yong Dari Sisi Mental Cocok Latih Timnas
PENUHI UNDANGAN— Pelatih Korea Selatan, Shin Tae-yong memenuhi undangan PSSI dalam pertemuan di Kuala Lumpur, indikasi selangkah lagi latih Timnas Indonesia.

JAKARTA, METRO – Dua nama bersaing memperebutkan posisi pelatih Timnas Indonesia setelah kegagalan di putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Luis Milla asal Spanyol dan Shin Tae-yong dari Korea Selatan, segera ditentukan PSSI untuk memimpin Timnas menggantikan Simon McMenemy yang dicopot dari jabatannya.

Satu di antara kedua kandidat pelatih memiliki tugas dan tanggung jawab yang cukup berat, yakni mengembalikan aura positif Timnas Indonesia yang babak belur di kualifikasi Piala Dunia.

Pencinta Timnas Indonesia harus rela melihat tim kesayangan ada di dasar klasemen, kalah bersaing dengan sesama negara ASEAN, lantaran belum pernah menang dalam lima laga yang sudah dijalani.

Luis Milla tampaknya punya kans lebih besar untuk membesut Timnas Indonesia, terutama karena sudah memiliki pengalaman membesut Skuat Merah-Putih pada 2017 hingga setelah Asian Games 2018.

Kalangan suporter hingga warganet juga tak sedikit yang berharap mantan pemain Real Madrid dan Barcelona itu kembali melatih Timnas Indonesia.

Sementara Shin Tae-yong, tercatat merupakan nakhoda Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018. Dukungan agar Shin Tae-yong agar menjadi pelatih Timnas Indonesia mengalir dari mantan pemain Tim Garuda, Salahudin.

Personel Timnas di SEA Games 1991 Manila ini, justru sangat berharap Shin Tae-yong terpilih menjadi pelatih baru Timnas Indonesia. Karakter dan mentalitas khas Korea Selatan, menjadi dasar pertimbangan Shin Tae-yong menjadi sosok yang ideal untuk Timnas Indonesia.

“Luis Milla atau Shin Tae-yong Perlu dilihat, mau apa tujuan Timnas Indonesia ke depan? Karena dua pelatih ini kan pasti punya perbedaan,” ujar Salahudin, Rabu (20/11).

“Kalau mau membentuk karakter dan mental, ya Korea Selatan yang cocok, itu menurut saya. Saya juga pernah menimba ilmu di Korea dan dalam dalam pembentukan karakternya sangat keras dan disiplin,” jelas mantan pelatih Barito Putera ini.

Penuhi Undangan PSSI

Mantan pelatih Timnas Korea Selatan Shin Tae-yong ini, memenuhi undangan PSSI ditemani dengan timnya. Pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu menjelaskan program latihan dan target jangka pendek dan panjang yang akan dilakukannya jika dipercaya menukangi Timnas Indonesia.

Shin Tae-yong bahkan berjanji akan membawa beberapa staf pelatih Timnas Korea Selatan yang berhasil membawa Tim U-20 tampil sebagai finalis Piala Dunia U-20 2019 di Polandia. Shin Tae-yong mengaku bersemangat dengan tawaran PSSI dan siap membantu Timnas Indonesia kembali disegani.

“Bagi saya ini adalah sebuah tantangan. Saya tahu atmosfer sepak bola Indonesia sangat luar biasa dengan suporter yang fanatik,” kata Shin Tae-yong seperti dikutip situs resmi PSSI.“Saya juga melihat, pengurus federasi memiliki semangat yang kuat untuk membangun sepak bola Indonesia ke level yang tinggi,” lanjut Shin Tae-yong.

Sementara itu, Mochamad Iriawan berterima kasih kepada Shin Tae-yong yang bersedia memenuhi undangan PSSI. Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu mengaku akan mempelajari presentasi Shin Tae-yong.

“Timnas Indonesia membutuhkan pelatih yang andal. Shin Tae-yong satu dari pelatih yang memiliki prestasi dunia. Tentu kami akan mempelajari presentasi programnya. Keputusan akan diambil secara faktual dan objektif melalui rapat exco,” ujar Iwan Bule. (*/boy)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional