Menu

Sharing Informasi UKM, Komisi 2 DPRD Kota Pekanbaru Berkunjung ke Pemko Payakumbuh

  Dibaca : 74 kali
Sharing Informasi UKM, Komisi 2 DPRD Kota Pekanbaru Berkunjung ke Pemko Payakumbuh
FOTO BERSAMA— Komisi 2 DPRD Kota Pekanbaru foto bersama di kantor Dinas Koperasi dan UKM Kota Payakumbuh. (ramadalius/posmetro)

PAYAKUMBUH, METRO – Pemerintah Kota Payakumbuh menerima kunjungan Komisi 2 DPRD Kota Pekanbaru di antor Dinas Koperasi dan UKM, Kamis (13/6). Tujuan kunjungan itu adalah untuk sharing terkait pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM). Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Payakumbuh, Herlina memaparkan upaya-upaya yang mereka lakukan dalam pengembangan UKM. Diantaranya adalah dengan mengelompokkan masing-masing UKM di masing bidang usahanya. Tujuannya untuk mempermudah program pembinaan agar lebih terarah dan sampai ke sasarannya.

”Hal itu untuk keunggulan kooperatif masing-masing UKM, juga demi menghindari persaingan internal di masing-masing pelaku usaha, sentra diarahkan untuk berkoperasi. Randang sudah punya koperasi sentra randang. Dan UKM di Payakumbuh sudah memiliki satu visi untuk pengembangan usaha masing-masing, pemasaran bersama, sumber bahan baku sama, dan saling back up antar pelaku UKM,” kata Herlina.

Herlina mengaku banyak pelaku UKM di Payakumbuh yang sudah bekerjasama dengan pelaku UKM di Pekanbaru, mereka yang sudah mengirimkan hasil produknya untuk di pasarkan di Kota Lancang Kuning itu.

Dibanding Pekanbaru, Payakumbuh memiliki anggaran yang kecil, sehingga efisiensi penggunaan anggaran lebih fokus ke arah pemberdayaan UMKM, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi menginstruksikan OPD untuk memberdayakan UKM.

”Karena bagi roda perekonomian di Payakumbuh, pelaku UKM adalah primadona penggerakan, UKM tahan terhadap goncangan resesi, makanya kita perkuat UKM dengan anggaran yang kita miliki, walaupun tak terbilang besar,” ujar Herlina.

”Pemko Payakumbuh fokus dengan dana daerah dan dana pusat. Melihat sebaran kita Kota Payakumbuh dengan daerah kecil lain kami memiliki jumlah UKM yang terbilang fantastis, ada sebanyak 19.727 UKM yang terdata di Kota Payakumbuh,” terang Herlina.

Mendengar penyampaian dari Dinas Koperasi UKM, Ketua Komisi 2 DPRD Kota Pekanbaru, Muliadi, cukup antusias dan tertarik dengan program yang di rancang Pemko Payakumbuh, meskipun tidak semuanya bisa dilaksanakan di Kota Pekanbaru, karena harus melihat kepada kultur masyarakat dan wilayah Kota Pekanbaru yang barang tentu lebih luas.

”Sangat menarik, penjelasannya sangat mudah dipahami, kami akan pelajari kembali dan semoga sedikit banyaknya nanti akan bisa kami coba memprogramkannya di Pekanbaru bersama OPD terkait,” ujar Muliadi.(us)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional