Menu

Shalat Idul Adha Diperbolehkan di Masjid, Cegah Kerumunan, Panitia Kurban Antar Daging ke Rumah Warga

  Dibaca : 64 kali
Shalat Idul Adha Diperbolehkan di Masjid, Cegah Kerumunan, Panitia Kurban Antar Daging ke Rumah Warga
KONFERENSI PERS— Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sumbar, Anwarudin Sulistiyono saat konferensi pers terkait penyidikan kasus penyimpangan pembayaran ganti rugi lahan pembangunan jalan tol Padang-Sicincin.

AIA PACAH, METRO–Kepala Bagian (Kabag) Kesra Setdako Padang, Fuji Astomi menyampaikan pelak­sanaan shalat Idul Adha bisa dilaksanakan saat Pem­ber­lakuan Pembatasan Ke­giatan Masyarakat (PPKM) skala mikro, yang berlang­sung mulai hari ini, Kamis (8/7) hingga 20 Juli. Namun, hal itu sesuai dengan kon­disi wilayah atau kelurahan saat PPKM berlangsung, apakah berada di zona merah atau orange.

“Kita sarankan pelak­sanaannya tetap mema­tuhi protokol kesehatan (pro­kes),” ujarnya, Rabu (7/7)

Ia mengatakan, jika rumah ibadah sedikit di suatu kelurahan, masya­rakat diimbau cari lokasi lain untuk shalat Idul Adha. Agar penumpukan tak ter­jadi dan mencegah meluas­nya penyebaran virus corona.

“Jika hanya ada 1 atau 2 rumah ibadah di satu RT, warga cari alternatif lain dan jangan paksakan di sana shalat Idul Adha,” tegasnya.

Selain itu, pengurus rumah ibadah harus me­nga­jak jamaah menerap­kan prokes. Jika perlu ber­tegas-tegas. Supaya ke­sehatan terjamin dan pe­nularan virus tak terjadi.

“Kalau bisa pengurus sediakan masker ca­da­ngan selain alat ukur su­hu dan tempat cuci tangan,” ucapnya.

Ia mengatakan, penye­dian masker cadangan jika jemaah lupa bawa masker dan itu tidak disengaja.

Kemudian, untuk pe­nyem­blihan sapi kurban, batasi jumlah yang melihat dan jangan kerumun. Bisa juga buat sekat atau bagi lokasi penyemblihan.

“Panitia kurban harus buat mekanisme penyem­bli­han dan koordinasi de­ngan pengurus,” katanya.

Sementara jika daerah tersebut berada dalam zona merah di satu kelu­rahan, maka shalat Idul Adha tidak boleh dilakukan di masjid. Sebaiknya, shalat di rumah.

“Kita mengajak pengu­rus dan warga tak lengah dalam Prokes dan patuhi Perda yang ada,” pungkas­nya. (ade)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional