Menu

Setiap Nagari Didorong Bentuk Forum Anak

  Dibaca : 105 kali
Setiap Nagari Didorong Bentuk Forum Anak
FORUM ANAK— Pemkab Agam mendorong seluruh nagari di Kabuptaen Agam segera membentuk Forum Anak.

AGAM, METRO–Pemkab Agam melalui Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dalduk KB PP dan PA) mendorong setiap nagari di daerah itu membentuk forum anak. Forum anak diperlukan agar nagari memiliki wadah penyaluran aspirasi anak untuk pembangunan Kabupaten Agam yang layak anak.

Hal itu diungkapkan Ka­si Pemenuhan Hak Anak Dinas Dalduk KB PP dan PA Agam, Desi Nofia di sela-sela  kegiatan Forum Anak Kabupaten Agam berbagi senyum dengan puluhan anak Panti Asuhan Aisyiyah Tanjung Mutiara di Pasia Tiku, Minggu (20/6).

Kegiatan yang diisi de­ngan berbagai permainan ramah anak itu dalam memperingati Hari Anak Internasional (HAI) tahun 2021.”Kita berharap seluruh nagari di Agam punya wadah forum anak yang dapat mendorong terwujudnya pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak. Wali Nagari bisa menjembatani hal ini dan kita siap memfasilitasinya,” kata Desi.

Sejauh ini lanjutnya, baru 10 nagari yang telah memiliki forum anak di Kabupaten Agam. Di antaranya, Nagari Sungaipua, Sariak, Manggopoh, Guguak Tabek Sarojo, Paritpanjang, Malalak Selatan dan nagari terakhir yang membentuk forum yakni Canduang Koto Laweh beberapa waktu lalu.

Menurut Desi, kebera­daan forum anak nagari bisa jadi wadah penyaluran aspirasi bagi anak. Pemerintah nantinya akan lebih aktif melibatkan mereka dalam program pengambilan kebijakan seperti di musrenbang. “Forum anak sangat penting dan memiliki suara yang sangat dibutuhkan untuk memperkaya perspektif para pengambil kebijakan dalam menentukan keputusan yang mementingkan kondisi dan kebutuhan anak,” ujar Desi.

Mereka yang bisa bergabung dalam forum itu semua kategori anak. Mulai dari pelajar, remaja masjid, karang taruna bahkan anak jalanan.Pihaknya juga bakal massif mensosialisasikan program dan peran forum anak tersebut.

“Saat ini, Kabupaten Agam merupakan daerah layak anak kategori pratama dan tahun ini menargetkan predikat madya. Jadi keberadaan forum anak yang aktif di tiap nagari menjadi salah satu kriteria penilaian dan kami harapkan seluruh nagari punya forum anak,” ujar Desi.

Desi menuturkan, anak adalah bagian dari masya­rakat yang akan memegang estafet kepemimpinan di masa mendatang. Untuk itu, dirinya meminta kepada semua pihak agar dapat menjadi pelindung bagi anak-anak selaku generasi penerus. “Jadikan aspirasi, pandangan, harapan dan kebutuhan anak sebagai bahan pertimbangan dalam penyusunan berbagai kebijakan, program dan kegiatan pembangunan daerah yang akan kita lakukan,” kata Desi.

Desi berharap, forum anak yang sejauh ini sudah terbentuk di Agam dapat menjalankan fungsinya sebagai pelapor dan pelopor dengan maksimal. Terutama mengakomodinir aspirasi pemenuhan dan perlindungan hak anak.“Kita harapkan forum anak, mulai kabupaten, kecamatan dan nagari terus aktif dan berinovasi,” ujarnya. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional