Close

Setelah Vakum Dua Tahun, Pesona Budaya Tabuik Piaman 2022 Dihoyak lagi

PARIAMAN, METRO–Pemko Pariaman  kem­bali melaksanakan iven unngulan daerahnya. Iven tersebut adalah pesona budaya hoyak tabuik Piaman 1444 Hitjriah/20222 Masehi. “Pasalnya, ivent unggulan Kota Pariaman itu sempat vakum dua ta­hun karena pandemi Co­vid-19. Tahun 2022 Pemko Pariaman bersama dengan Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Pasa, Ketua KAN Subarang, Tuo Tabuik Pasa dan Tuo Tabuik Su­barang menyepakati bahwa pesona budaya hoyak tabuik Piaman tahun 2022 dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2022 mendatang,” kata  Asisten II Sekretariat Daerah Kota Pa­riaman Elfis Candra, kema­rin, usai memimpin Rapat Koordinasi Persiapan Pe­sona Budaya Hoyak Tabuik Piaman 1444 H/2022 M.

Setelah kesepakatan bersama katanya, pesona budaya hoyak tabuik Piaman  tahun 2022 dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2022.  Maka dari itu, diitetapkan bahwa I muha­ram jatuh pada tanggal 30 Juli 2022.

Elfis Candra yang juga Ketua Umum Pelaksana Pesona Budaya Tabuik Piaman tahun 2022 menuturkan bahwa untuk tahun 2022 rangkaian acara dilaksanakan selama 16 hari kedepan yang dimulai dari tanggal 30 Juli 2022 sampai 14 Agustus 2022.

“Selain kegiatan prosesi Pesona Budaya Tabuik Piaman tahun 2022, Pemko Pariaman juga melaksanakan kegiatan pendukung diantaranya kegiatan keagamaan, pagelaran/ festival/ lomba seni budaya anak nagari, pameran/ekspo dan bazar rakyat yang dilaksanakan di tiga dilokasi diantaranya Tabuik Su­barang, Tabuik Pasa dan Pantai Gandoriah Pariaman,” ulasnya.

Lebih lanjut, Elfis Candra menjelaskan bahwa kegiatan-kegiatan tersebut antara lain: Shalat Shubuh berjemaah di Mushalla Balaikota Pariaman, Tadarus bersama para penghafal Al-Qur’an yang ada di Kota Pariaman, lomba pembuatan Tabuik Lenong Antar Desa se Kota Pariaman, penampilan seni budaya SD/SMP, lomba mewarnai gambar Tabuik an­tar TK se-Kota Pariaman, penampilan Gandang Tasa, lomba tari tingkat sanggar se-Kota Pariaman dan Padangpariaman.

“Pemko Pariaman juga mengadakan lomba ESI (E-sport Indonesia) Kota Pariaman Tabuik Competition, Festival lagu Minang dan lomba randai tingkat kabupaten/kota.  Selain itu, kita juga menampilkan seni budaya Kota Bukittinggi,  Kota Sawahlunto, Kota Payakumbuah dan Kota Pa­dang,” imbuhnya.

Elfis juga menerangkan untuk puncaknya akan di­meriahkan oleh penam­pilan seni budaya dari Sanggar Darak Badarak yang merupakan sanggar asli Kota Pariaman yang telah banyak mendapatkan penghargaan nasional mau­pun internasional. “Kami sangat yakin bisa terlaksana kegiatan ini secara baik, aman, tertib, sukses dan meriah. Tentu semua ini perlu dukungan dari semua baik dari Forkopimda maupun OPD dilingkungan Pem­ko Pariaman agar i­vent ini terlaksana dengan baik,” tandasnya meng­akhiri.(efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top