Menu

Sesar Sianok Bergoyang, Sumbar Dihoyak Gempa 4,8 SR

  Dibaca : 1082 kali
Sesar Sianok Bergoyang, Sumbar Dihoyak Gempa 4,8 SR
Senin (7/12), pukul 23.05 WIB, wilayah Sumbar diguncang gempabumi tektonik.

PADANGPANJANG, METRO—Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Silaing Bawah Irwan Slamet, S.T, M.Si menyebutkan, pada Senin (7/12), pukul 23.05 WIB, wilayah Bukittinggi diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M 4.8 SR. Episenter terletak pada koordinat 0.06 LS dan 100,21 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 22 km Tenggara Pasaman, Sumbar pada kedalaman 8 km.

“Jenis dan mekanisme gempabumi dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar Sianok,” katanya.

Katanya, dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Payakumbuh,Bukittinggi, Padang Panjang I-II MMI, Pasaman III-IV (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). “Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” katanya.

Gempabumi susulan masih dilakukan  monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan. “Kepada Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” katanya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website ( https://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg. (r)

Editor:
Tags
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional