Menu

Sesama Pokdarwis harus Berinovasi dan Berkolaborasi di Kota Padang

  Dibaca : 85 kali
Sesama Pokdarwis harus Berinovasi dan Berkolaborasi di Kota Padang
PELATIHAN POKDARWIS— Wali Kota Padang Hendri Septa membuka Pelatihan Pokdarwis di Hotel Kyriad Bumi Minang, Senin (30/8). Peserta pelatihan dikuti 16 Pokdarwis dengan utusan prioritas Pokdarwis yang berada di kawasan timur Kota Padang.

BD.KANDUANG, METRO–Sebagai sebuah kelom­pok masyarakat yang ang­go­tanya terdiri dari para pelaku kepariwisataan, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) diharapkan terus berinovasi serta ber­kolaborasi antara sesama Pokdarwis.

Kita tentu berharap, sesama Pokdarwis di Kota Padang harus terus ber­inovasi dan berkolaborsi. Se­bagaimana produk yang dihasilkan setiap Pokdarwis itu berbeda-beda sesuai potensi wisata di daerah masing-masing. Hal ini tentu menjadi daya tarik bagi pengunjung/wisata­wan datang ke Padang.

Hal itu di katakan Wali Kota Padang Hendri Septa ketika membuka Pelatihan Pokdarwis di Hotel Kyriad Bumi Minang, Senin (30/8). Di sisi lain Pokdarwis juga me­miliki kepedulian serta tang­gungjawab dan ber­peran sebagai penggerak dalam mendukung tercip­ta­nya ik­lim yang kondusif dalam me­num­buhkem­bang­­kan sek­tor kepari­wisa­taan.

“Sebagai kota wisata yang memiliki desitinasi wisata beragam, peran penting Pokdarwis sangat diharapkan,” ulasnya.

Lebih jauh Hendri me­nga­takan, selama pan­de­mi Covid-19 mewabah, per­kembangan pariwisata me­mang mengalami penu­runan kunjungan secara drastis. Hampir 80 persen penurunan terjadi pada jumlah wisatawan man­canegara ke Kota Padang dan 50 persen wisatawan domestik.

“Peningkatan kom­pe­tensi pengelolan Pokdar­wis juga menjadi penentu keberhasilan pengem­ba­ngan desa wisata Pokdar­wis di Kota Padang,” pung­kasnya.

Pada kesempatan yang sama Plt Dinas Pariwisata Kota Padang Arfian mela­porkan, adapun tujuan pi­hak­nya menggelar Pela­ti­han Pengelolaan Desa Wi­sata Pokdarwis ini ada­lah untuk memberikan moti­vasi dan kompetensi bagi pengelola Pokdarwis agar lebih profesional dan ber­kua­litas. Sehingga penge­lola dapat memahami pen­tingnya sapta pesona.

“Peserta pelatihan di­kuti oleh 16 Pokdarwis di Kota Padang dengan utu­san prioritas Pokdarwis yang berada di kawasan timur Kota Padang,” im­buhnya.

Disebutkannya, ada­pun di Kota Padang saat ini telah mempunyai seba­nyak 32 Pokdarwis yang tersebar di beberapa keca­matan di Kota Padang.

“Semua Pokdarwis mem­­butuhkan pendam­ping secara intensif dan berkelanjutan sebagai media perpanjangan tangan Dinas Pariwisata dalam pengembangan sektor pari­wisata,” pungkasnya. (rel)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional