Close

Sertifikasi PSEF Bukti Legitimasi Layanan Telefarmasi Alodokter

JAKARTA, METRO–Mendukung visi peme­rintah dalam memastikan masyarakat memiliki akses ter­hadap obat-obatan yang mudah, nyaman, namun aman teregulasi di era digital ini, Alodokter resmi mendapatkan sertifikasi Penyelenggaraan Sistem Elektronik Farmasi (PSEF).

 PSEF adalah badan hukum yang menyediakan, mengelola, dan/atau mengoperasikan e-farmasi untuk keperluan diri sendiri atau pihak lain, yang diatur dalam PERMENKES RI. Dengan sertifikasi PSEF ini Alodokter semakin menguatkan komitmen menjadi ekosistem layanan kesehatan masyarakat Indonesia termasuk didalam pe­nye­diaan obat-obatan.

 Mengutip dari Badan Litbank Kemenkes, bahwa momentum pandemi banyak dimanfaatkan sales-sales tidak resmi menjual produk obat dan alkes secara daring, yang tentunya menimbulkan risiko ke­ama­nan terhadap konsu­men dan pasien. Hal ini ha­rusnya dapat dicegah dan diawasi. Regulasi men­jadi substansi untuk di­ikuti sebagai bukti bahwa pe­nye­lenggara tele­far­­masi seperti Alodokter se­lalu melindungi hak kon­­sumen dan pasien un­tuk mendapatkan pro­duk obat-obatan dan al­kes yang aman dan ber­kualitas.

“Bagi Alodokter pen­ting untuk tetap mendukung pemerintah da­lam mem­­beri layanan ke­se­hatan terbaik bagi ma­sya­­ra­kat Indonesia, salah sa­tunya dengan mengikuti regulasi yang berlaku. Alo­dokter sepaham dengan KEMENKES, bahwa digitalisasi telah memberikan kemudahan akses bagi ma­sya­rakat kepada obat-obatan, yang sepenuhnya ha­rus diawasi agar tidak disalahgunakan,” ujar Suci Arumsari selaku President Director & Co Founder ALODOKTER.

 Suci Arumsari menyebutkan, dengan mendapatkan sertifikasi PSEF ini, bukti bahwa Alodokter men­ja­lankan perlayanan ke­far­masian berbasis in­ternet yang sudah sesuai dengan ketetapan pe­ratu­ran pemerintah. Ke de­pannya pas­­ti mem­­be­rikan ke­nya­ma­nan bagi ma­syarakat un­tuk men­dapatkan obat-obatan di Alodokter.

 Untuk mendapatkan sertifikasi PSEF ini, Alodokter harus memiliki dua sertifikasi lainnya, yaitu izin dari Kementrian Kesehatan RI serta surat tanda Pe­nye­dia Sistem Elektronik (PSE) dari Kementerian Informatika (Kominfo).

 Alodokter memberikan banyak kemudahan bagi pasien untuk memesan obat dan menebus resep di aplikasi Alodokter sama seperti belanja obat langsung di apotik. Resep yang ditebus telah diverifikasi oleh dokter di dalam aplikasi, dan apoteker Alodokter juga dapat melakukan verifikasi langsung terhadap resep tersebut. Demikian ke­aslian data pada resep ti­dak diragukan lagi. Proses pe­nebusan obat menjadi lebih efektif dan efisien. Alodokter juga menjaga dengan baik kerahasiaan da­ta pasien dengan me­ngan­tongi sertifikasi ISO­27001. Apabila ada hal lebih jauh lagi mengenai obat-obatan serta efek samping yang ingin ditanyakan pa­sien, bisa langsung chat dok­­ter yang terhubung ju­ga dengan apo­teker di dalam aplikasi Alodokter.

 Alodokter adalah platform kesehatan digital nomor satu di Indonesia dengan lebih dari 30 juta pengguna aktif setiap bulannya, serta lebih dari 64.000 dokter yang bergabung.  Sejak tahun 2014, Alodokter telah unggul dalam menyediakan informasi kesehatan yang akurat, mudah dipahami, dan dapat diakses oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja.

 Alodokter menyediakan 5 fitur utama yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia untuk membuat keputusan terbaik terkait kesehatan, baik secara pribadi mau­pun keluarga, yaitu: chat bersama dokter, buat jan­ji konsultasi dengan dokter dan/atau mencari rumah sa­kit pilihan, artikel kesehatan terlengkap dalam baha­sa Indonesia, perlindungan kesehatan tambahan dengan Proteksi Alodokter.(*/r)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top